PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN DI KECAMATAN LAKARSANTRI SURABAYA

  • ROMADHON ADY KUNCORO
  • ERNY ROESMININGSIH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui pengaruh variabel iklim sekolah dan kompetensi pedagogik guru baik secara parsial maupun simultan atau bersama-sama terhadap variabel hasil belajar siswa SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengambarkan ada dan tidaknya pengaruh variabel iklim sekolah (X1) dan kompetensi pedagogik guru (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y). Penelitian ini menggunakan data primer berupa angket yang di sebar kepada 255 responden, responden dalam penelitian adalah siswa kelas 8 SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Data yang di peroleh kemudian di olah menggunakan aplikasi SPSS for Windows 21.0. Analsis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji f.

Hasil analaisis regresi berganda di peroleh persmaan Y = 22,948 + 0,262 X1 + 0,403 X2, uji t di peroleh niali signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, uji f di peroleh niali signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian iklim sekolah dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif baik secara parsial maupun bersama sama terhadap hasil belajar siswa SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Variabel Iklim sekolah dan kompetensi pedagogik guru mempunyai nilai pengaruh sebesar 56,6% terhadap variabel hasil belajar siswa SMPN di kecamatan Lakarsantri Suarabaya, dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian.

Kata Kunci : Iklim Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru. Hasil Belajar Siswa.

Abstract

This research was conducted to determine the effect of school climate variables and teacher pedagogic competencies either partially or simultaneously or together to the variables of learning outcomes of SMPN students in subdistric Lakarsantri Surabaya. This research uses a quantitative approach to describe the presence and absence of school climate variables (X1) and teacher pedagogic competence (X2) on student learning outcomes (Y). This study uses primary data in the form of questionnaires distributed to 255 respondents, respondents in the study were 8th grade students of SMPN in Subdistric Lakarsantri Surabaya. The data that obtained were analyzed using SPSS for Windows 21.0 programs, data analysis in this research using multiple regression analysis, t test, test f.

The result of multiple regression analysis was obtained by the equation Y = 22,948 + 0,262 X1 + 0,403 X2, t test was obtained by significance value equal to 0,00 < 0,05, f test was obtained significance 0,00 < 0,05. This the school climate and pedagogic competence of teachers have a positive effect either partially or together to the results of student learning in SMPN Subdistric Lakarsantri Surabaya. Variables of school climate and teacher pedagogic competence have value of influence equal to 56,6% to student learning result variable of SMPN in District of Lakarsantri Suarabaya, and the rest is influenced by other variable which is not in research.

Keywords: School Climate, Teacher Pedagogic Competency, Student learning outcomes.
Published
2018-09-12
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 18