PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI SUBBAG AKADEMIK, KEMAHASISWAAN, DAN ALUMNI FAKULTAS EKONOMI UNIVESITAS NEGERI SURABAYA

  • NUR AMALINA DZAKIRATULLAH
  • KARWANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara kualitas pelayanan administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa di Subbag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif, terdiri dari dua variabel yaitu kualitas pelayanan administrasi akademik (X) dan kepuasan mahasiswa (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya sebanyak 337 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa skala dengan menggunakan skala likert, observasi, studi dokumentasi. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis uji T untuk menjawab hipotesis dengan bantuan program SPSS (Statistical Program Smart Solution) ver.20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung kualitas pelayanan administrasi akademik (X) terhadap kepuasan mahasiswa (Y) adalah 6,771 dimana lebih besar dari ttabel sebesar 1,968. Maka dapat disimpulkan kualitas pelayanan administrasi akademik berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa di Subbag Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Selanjutnya kualitas pelayanan administrasi akademik (X) berpengaruh sebesar 12% terhadap kepuasan mahasiswa (Y) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa

.

THE INFLUENCE OF ACADEMIC ADMINISTRASTION SERVICE QUALITY ON STUDENT SATISFACTION IN ACADEMIC, STUDENT AND GRADUATE SUB DIVISION,

FACULTY OF ECONOMICS SURABAYA STATE UNIVERSITY

Abstract

The purpose of this research is to find out the influence of academic administrastion service quality on student satisfaction in Academic, Student and Graduate Sub Divison, Faculty Of Economics Surabaya State University. The research uses quantitative approach with asosiative method which consist of two variable academic administrastion service quality (X) and student satisfaction (Y). The sample in this study is 337 student in Faculty of Economy UNESA. Sampling technique in this research use purposive sampling. Technique of collecting data using likert scale, observation, documentation study. Prerequisite test data is using normality test and linearity test. Data analysis technique use simple regression analysis and T test analysis to answer the hypothesis with of SPSS (Statistical Program Smart Solution) ver.20 for windows. The results of this research shows t value service quality of academic administration (X) on the student statified 6,771 which means greater than ttable of 1,968. Therefore, we can conclude that service quality of academic administration influenced significant on the student statifaction. Futhermore, the influence of service quality of academic administration on students satisfaction is 12% and the rest variable that influenced are not researched.


Keywords : service quality, student satisfaction

Published
2018-09-13
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 129