PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BANGKALAN

  • ALIF WICAKSONO
  • MUHAMAD SHOLEH

Abstract

Abstrak

Manajemen sarana dan prasarana pendidikan merupakan segenap proses pengadaan dan pendayagunaan komponen-komponen yang secara langsung maupun tidak langsung menunjang proses pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Salah satu proses penting dalam mengelola sarana dan prasarana adalah proses pemeliharaan. Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan adalah kegiatan untuk melaksanakan pengurusan dan pengaturan agar sarana dan prasarana selalu dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan secara berdayaguna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti, mendeskripsi, dan menganalisis : (1) Proses pemeliharaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan; (2) Teknik pemeliharaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan; (3) Dampak positif pemeliharaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan; (4) Dampak negatif pemeliharaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : (1) wawancara; (2) observasi; (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan kredibilitas, transfermabilitas, depandabilitas, dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) proses pemeliharaan sarana dan prasarana di MAN Bangkalan yang di dalamnya terdapat rencana kegiatan yang merupakan incloud dari Rencana Kegiatan Madrasah dengan rutin dilaksanakan tiap tahun ajaran baru. Proses pemeliharaan di MAN rutin dibersihkan sebelum dan sesudah digunakan. (2) teknik pemeliharaan sarana dan prasarana di MAN Bangkalan di dalamnya terdapat kesadaran dan pemahaman yang dilakukan sekolah dengan mengikutsertakan warga sekolah dalam workshop dan dilakukan rapat. Dalam pengorganisasian, kepala sekolah yang bertanggungjawab dalam terbentuknya struktur. Pelaksanaan pemeliharaan sudah dilakukan secara rutin dan baik. Proses pendataan dibantu oleh kepala laboratorium, petugas kebersihan, dan kepala tata usaha. (3) dampak positif pemeliharaan sarana dan prasarana di MAN Bangkalan adalah pembelajaran menjadi kondusif, terciptanya keindahan dan membuat siswa senang dan betah, (4) dampak negatif pemeliharaan sarana dan prasarana di MAN Bangkalan adalah membutuhkan tenaga profesional dalam memelihara kebersihan dan berkurangnya anggaran dana.

Kata kunci : pemeliharaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan


Abstract

Management of education facilities and infrastructure is the entire process of procurement and utilization of components that directly or indirectly support the education process to achieve the goals of education effectively and efficiently. One important process in managing facilities and infrastructure is the maintenance process. Maintenance of educational facilities and infrastructure is an activity to carry out management and regulation so the facilities and infrastructure are always in good condition and ready to be used efficiently and effectively in achieving educational goals. The aim of this study was to examine, describe, and analyze: (1) The process of maintaining facilities and infrastructure in the Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan; (2) The technique for maintaining facilities and infrastructure at Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan; (3) The positive impact of maintaining the facilities and infrastructure at Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan; (4) The negative impact of maintaining the facilities and infrastructure at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan. This study used descriptive qualitative approach. Data collection techniques that used are: (1) interviews; (2) observation; (3) documentation. Data analysis techniques used data reduction, data presentation, and conclusion. Technique of data validity used credibility, transferability, dependability, and conformability.

The results of the study show that: (1) the process of maintaining facilities and infrastructure in MAN Bangkalan that is planning activities carried out every new school year. The maintenance process in MAN was cleaned routinely before and after the using. (2) Techniques for maintaining facilities and infrastructure in MAN Bangkalan which there is awareness and understanding by the school by involving school members in the workshop and meeting. In organizing, the principal is responsible for the formation of the structure. Maintaining was carried out regularly and well done. The data collection process was assisted by the head of the laboratory, the janitor, and the head of the administration. (3) The positive impact of maintaining facilities and infrastructure in MAN Bangkalan was learning to be conducive, creating beauty and making students happy in the school (4) the negative impact of maintaining facilities and infrastructure in MAN Bangkalan was required of professionals in maintaining cleanliness and it will reduce the school’s budget.

Keywords : facilities and infrastructure maintenance at the Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan




Published
2018-09-14
Section
Articles
Abstract Views: 289
PDF Downloads: 4747