PENGARUH PENGORGANISASIAN KELAS DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN DI KECAMATAN CERME GRESIK

  • SYAHRUL BAKTIAR HIDAYAT
  • MUDJITO

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel pengorganisasian kelas dan kompetensi kepribadian guru baik secara parsial maupun simultan atau bersama-sama terhadap variabel hasil belajar siswa SMPN di Kecamatan Cerme Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengambarkan ada dan tidaknya pengaruh variabel pengorganisasian kelas (X1) dan kompetensi kepribadian guru (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y).

Penelitian ini menggunakan data primer berupa angket yang disebar kepada 280 responden, responden dalam penelitian adalah siswa kelas 7 dan 8 SMPN di Kecamatan Cerme Gresik. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS for Windows 22.0. Analsis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji f.

Hasil analaisis regresi berganda diperoleh persmaan Y = 17,023 + 0,407 X1 + 0,127 X2, uji t diperoleh niali signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, uji f diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian pengorganisasian kelas dan kompetensi kepribadian guru berpengaruh positif baik secara parsial maupun bersama sama terhadap motivasi belajar siswa SMPN di Kecamatan Cerme Gresik.

Variabel Pengorganisasian kelas dan kompetensi kepribadian guru mempunyai nilai pengaruh sebesar 15,0% terhadap variabel motivasi belajar siswa SMPN di kecamatan Cerme Gresik, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian.

Kata Kunci : Pengorganisasian Kelas, Kompetensi Kepribadian Guru. Motivasi Belajar Siswa.

ABSTRACT

This study was conducted to determine the effect of classroom organization variables and teacher personality competencies both partially and simultaneously on the variable learning outcomes of students of SMP in Cerme, Gresik. This study uses a quantitative approach to describe the presence and absence of the effect of classroom organization variables (X1) and teacher personality competencies (X2) on student learning motivation (Y).

This study uses primary data in the form of questionnaires distributed to 280 respondents, respondents in the study were 7th and 8th grade students of SMPN in Cerme, Gresik. The data obtained is then processed using the SPSS for Windows 22.0 application. Data analysis in this study uses multiple regression analysis, t test, f test

The results of multiple regression analysis obtained by the presence of Y = 17,023 + 0,407 X1 + 0,127 X2, the t test obtained significance value of 0,00 <0,05, the f test obtained a significance value of 0,00 <0,05. Thus the classroom organization and personality competencies of teachers have a positive effect both partially and simultaneously on the student learning motivation of SMPN in Cerme, Gresik.

Variables Classroom organization and personality competencies of teachers have an influence value of 15.0% on the variables of student learning motivation of SMPN in Cerme, Gresik, and the rest is influenced by other variables that are not in the study.

Keywords : Classroom Organization, Teacher Personality Competencies. Student learning motivation.

Published
2018-09-20
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 27