PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 21 SURABAYA

  • INDAH PUJI HANDAYANI

Abstract

Abstrak

Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah program literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel program literasi secara parsial terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 21 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antar dua variabel atau lebih. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 21 Surabaya dengan jumlah total 289 siswa. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 168 responden. Uji vaiditas penelitian ini menggunakan korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan teknik analisis formula alpha cronbach’s. Teknik analisis data uji normalitas menggunakan uji kolmogrov smirnov dan uji linieritas bertujuan untuk mengetahui apakah antar variabel memiliki hubungan yang linier. Metode analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi sederhana untuk menjawab hipotesis. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi aktif kelas X SMA Negeri 21 Surabaya.

Berdasarkan hasil analisis data uji T pengaruh secara parsial diperoleh hasil: variabel program literasi memeroleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 11,569 > ttabel 1,974 artinya terdapat pengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 21 Surabaya. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya program literasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 21 Surabaya dengan kontribusi sebesar 44,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini adalah program literasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 21 Surabaya.

Kata kunci: program literasi, prestasi belajar.

Abstract

Student learning achievement can be influenced by various factors, one of which is the literacy program. This study aims to determine the effect of partial literacy program variables on student achievement in state high school 21 Surabaya. This study uses a quantitative approach that aims to determine the effect or relationship between two or more variables. The population of this study were students of class X state high school 21 Surabaya with a total of 289 students. The sampling method used is simple random sampling with a total of 168 respondents. The evaluation of this research uses Pearsons product moment correlation and reliability test using Cronbachs alpha formula analysis technique. Data analysis techniques for normality test using Kolmogrov Smirnov test and linearity test aims to determine whether the variables have a linear relationship. The data analysis method used is a simple regression analysis test to answer the hypothesis. The subject of this research is the class X active students of state high school 21 Surabaya.

Based on the results of the T test data analysis, the partial effect obtained results: the literacy program variable obtained a significant value of 0.000 < 0.05 and t count 11.569 > t table 1.974 means that there is a partial effect on student learning achievement of state high school 21 Surabaya. Thus H0 is rejected and H1 is accepted meaning that the literacy program influences student achievement in state high school 21 Surabaya with a contribution of 44.6%, while the rest is influenced by other variables not proposed in this study. The conclusions of this study is that the literacy program has a significant effect on student achievement in state high school 21 Surabaya.

Keywords: literacy program, learning achievement.
Published
2018-09-21
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 933