Pengaruh kompetensi pedagogik dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri se Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember

  • RIFDA SOFI ILLIYIN
  • ERNY ROESMININGSIH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik dan media pembelajaran secara bersama – sama terhadap hasil belajar di SMP Negeri Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan asosiatif kausal. Metode pengumpulan datanya menggunakan kuesioner yang disebar pada responden serta menggunakan dokumentasi hasil belajar berupa rapot. Jumlah sampel (responden) dalam penelitian ini adalah 258 siswa dipilih dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan model statistik regresi linier berganda dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas serta menggunakan uji T dan Uji F.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik (X1) dan Media Pembelajaran (X2) secara bersama – sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) dengan Fhitung (18,247) > Ftabel (2,639) dan sig (0,000) < 0,05 pada taraf kesalahan 5% dan Rsquare sebesar 0,125. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dan media pembelajaran secara bersama – sama berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri Se Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Media Pembelajaran, Hasil Belajar dan Guru


The purpose of this study was to find out how the influence of pedagogic competencies and learning media on the stundent learning outcomes in SMP Negeri Tanggul, Jember Regency. This study used a quantitative approach with causal associative designs. In collecting the data the writer used questionnaire distributed to respondents and documentation of learning outcomes in the form of report cards. The number of samples (respondents) in this study were 258 students selected by simple random sampling technique. Data analysis using multiple linear regression statistical model using normality test and linearity test and using T test and F test.

From the results of the study showed that pedagogic competence (X1) and learning media (X2) together had a positive and significant effect on learning outcomes (Y) with F count (18,247) > F table (2,639) and sig (0,000) <0,05 at an error rate of 5% and Rsquare of 0.125. So it can be concluded that pedagogic competencies and learning media influence the learning outcomes of students in the State Junior High School, Tanggul Sub-district, Jember Regency.

Keywords: Pedagogic Competencies, Learning Media, Learning Outcomes, and Teacher






Published
2018-09-25
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 33