Pengaruh Disiplin Guru dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

  • PATROTIN
  • MUDJITO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel disiplin guru dan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa SD Negeri di Kecamatan Menganti Gresik. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner yang disebar pada responden serta studi dokumentasi. Jumlah sampel (responden) dalam penelitian ini yakni 68 guru diplih dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Analisis data menggunakan metode statistik regresi ganda. Data diolah menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis.
Hasil pengolahan data tersebut menunjukkan tingkat disiplin guru secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan melihat thitung lebih besar dari ttabel yakni sebesar (5,085). Untuk tingkat kompetensi pedagogik secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan melihat thitung lebih besar dari ttabel yakni sebesar (2.887), dan tingkat disiplin guru dan komptensi pedagogik secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai pengaruh sebesar 30,4% dan terbukti fhitung lebih besar dari (>) ftabel (14,176) sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat disiplin guru dan kompetensi pedagogik maka semakin tinggi pula tingkat hasil belajar siswa SD Negeri di Kecamatan Menganti.
Kata kunci : Disiplin Guru, Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar.
The purpose of this study was to find out how the influence variable of teacher discipline and pedagogic competence on the learning outcomes of elementary school students in Menganti District, Gresik. This research is causal associative research. The data collection method uses questionnaires distributed to respondents and documentation studies. The number of samples (respondents) in this study were 68 teachers selected with the Proportional Stratified Random Sampling technique. Data analysis uses multiple regression statistical models. Data is processed using validity test, reliability test, normality test, linearity test and hypothesis test.
Results of data processing shows the level of teacher discipline partially has a positive and significant effect on student learning outcomes by looking at tcount is greater than ttable that is equal to (5,085). For pedagogic competency level partially positive and significant effect on learning outcomes by looking at tcount greater than ttable which is equal to (2.887), and the level of teacher discipline and pedagogical competence simultaneously have a positive and significant effect on student learning outcomes with an influence value of 30.4% and proven that fcount is greator than (>) ftabel (14,176) so that it can be concluded that the higher the level of teacher discipline and pedagogical competence, the higher the level of learning outcomes of elementary school students in Menganti Subdistrict.
Keywords: Teacher Discipline, Pedagogic Competence, Learning Outcomes.


Published
2018-09-25
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 89