PENCITRAAN SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK BARU DI SMPN 45 SURABAYA

  • I GEDE YOGI PRATYAHARA NUGRAHA
  • KARWANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pencitraan sekolah melalui lima poin: Komunikasi Interpersonal; Komunikasi internal; dan Komunikasi Eksternal; Efektivitas Imajinasi Sekolah; dan Pemanfaatan Media Media Hubungan Masyarakat. Pendekatan penelitian kualitatif ini dan menggabungkannya dengan metode deskriptif dan studi kasus sebagai desain penelitiannya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan data kondensasi, penyajian data, dan verifikasi data. Validitas data diperiksa dengan menggunakan teknik-teknik ini: kredibilitas, keterbukaan, ketergantungan, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Ada upaya pencitraan sekolah dari SMPN 45 Surabaya untuk berkolaborasi dalam rangka menciptakan citra, dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat melalui beberapa program branding sekolah, seperti: (a) pembuatan Penerimaan Siswa Baru Sekolah (PSB) setiap tahun, (b) Menyelenggarakan Acara Seni Budaya dan mengundang masyarakat dan orang tua siswa untuk menontonnya. (c) Aktivasi Situs Sekolah, (d) membuat kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kota tentang seni budaya, (d) membuat perusahaan dengan Pusat Kesehatan Mulyorejo dan Kepolisian Mulyorejo untuk penyuluhan tentang Pendidikan Kesehatan dan bahaya narkoba. (2) Divisi Hubungan Manusia SMPN 45 Surabaya memiliki beberapa program dalam kegiatannya, dan program-program tersebut dilaksanakan melalui 3 kegiatan komunikasi, yaitu komunikasi interpersonal, komunikasi internal, dan komunikasi eksternal. (3) Ada beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan pencitraan sekolah dalam upaya meningkatkan minat siswa baru SMPN 45 Surabaya, namun faktor-faktor ini dapat diselesaikan dengan baik karena faktor kolaborasi dari internal sekolah satu sama lain. (4) Faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan sekolah kegiatan siswa baru SMPN 45 Surabaya digunakan oleh Sekolah Divisi Hubungan Manusia, yang terdiri dari Kata-Kata yang Dicetak dan Kata-Kata Yang Diucapkan.

Kata Kunci: Pencitraan Sekolah, Minat Peserta Didik, Media Humas, Partisipasi masyarakat.

Abstract

This This study aims to describe schools imaging through five points: Interpersonal Communication; Internal Communication; and External Communication; The Schools Imaging Effectiveness; and Public Relations Media Media Utilization. This qualitative research approach and combine it with the descriptive method and case study as its research design. The data collect technique were used interviews, observation, and documentation studies. The data were analyzed with use of data condensation, data presentation, and verification of data. The datas validity was checked by using these techniques: credibility, transferbility, dependability, and confirmability. The results of this research were: (1) There were an effort of school imaging from SMPN 45 Surabaya to collaborate in order to create an image, and increasing the societys actively participation through some programs of school branding, such as: (a) making School New Student enrollment (PSB) yearly, (b) Held the Cultural Arts Event and inviting society and students parents to watch it. (c) School Website activation,(d) make a coorporation with Province Education Department and City Education Department about cultural arts, (d) make a corporation with Mulyorejo Medical Center and Mulyorejo Police Department for counseling about Health Education and drugs hazard. (2) The Human Relationship Division of SMPN 45 Surabaya has some programs in their activities, and those programs are being implemented through by 3 communications activities, which are interpersonal communication, internal communication, and external communication. (3) There were some retard factors in the implementation of school imaging activity in effort of increase the SMPN 45 Surabaya new students interest, however these factors can be finished well because of collaboration factors from school internal each other. (4) The supporting factors in the school implementation of the SMPN 45 Surabaya new student activity were used by the School of Human Relationship Division, comprised The Printed Words and The Spoken Words.

Keywords: School Imaging, Student Interests, Public Relations Media, Community Participation.








Published
2018-10-09
Section
Articles
Abstract Views: 203
PDF Downloads: 148