MANAJEMEN PROGRAM ADIWIYATA SMKN 4 BOJONEGORO

  • SILVA DWI SOLEKHA MEI
  • KARWANTO

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kerusakan lingkungan yang banyak terjadi diberbagai daerah. Kerusakan-kerusakan yang terjadi ini pada akhirnya akan berakibat pada penurunan kualitas atau degradasi lingkungan. Program Adiwiyata diciptakan untuk mengurangi kerusakan lingkungan hidup. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan program adiwiyata (2) pengorganisasian program adiwiyata (3) pelaksanaan program adiwiyata (4) pengawasan program adiwiyata di SMKN 4 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian studi kasus. Dalam pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, depanbilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kegiatan program adiwiyata dilaksanakan tanpa menggunakan pendekatan khusus sudah mendapat arahan dari sekolah induk yaitu SMKN 1 Bojonegoro, tim program adiwiyata yang bertanggung jawab atas program tersebut menyusun pokok kerja yang akan dijalankan dalam waktu yang sudah ditentukan, anggaran program adiwiyata 20% berasal dari sekolah. (2) Pengorganisasian, Kepala sekolah sebagai penanggung jawab kegiatan program dibantu oleh koordinator, sekretaris dan tim pokok kerja; (3) Pelaksanaan kegiatan dalam program adiwiyata terdapat delapan pokok kerja; (4) Pengawasan program adiwiyata meliputi Badan Lingkungan Hidup, Puskesmas, dan Dinas Kebersihan. Dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SMKN 4 Bojonegoro diharapkan mampu mewujudkan sekolah yang peduli terhadap lingkungan dan mampu menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lain khususnya wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Kata kunci: Manajemen, Program Adiwiyata.

This research is motivated by the existence of environmental damage that occurs in many regions. These damages will ultimately result in a decrease in quality or environmental degradation.The Adiwiyata program was created to reduce environmental damage.The purpose of this study is to describe (1) The planning of adiwiyata program, (2) The organizing of adiwiyata program, (3) The implementation of adiwiyata program, (4) The supervision of adiwiyata program.This study uses a qualitative approach and a case study design.In data retrieval using interview, observation and documentation techniques. Data analysis uses data condensation. To check the validity of the data using the test of credibility, transferability, flexibility, and confirmability. The results showed that (1) The planning of adiwiyata program activities carried out without using a special approach has received direction from the main school namely SMK 1 Bojonegoro,the adiwiyata program team in charge of the program compiles the work items that will be carried out within the allotted time,Adiwiyatas 20% program budget comes from school,the Bojonegoro city government and the Environmental Agency in the form of equipment that supports the implementation of adiwiyata activities. (2) The principal is assisted by the coordinator, secretary and principal work team. (3) The implementation of activities in the adiwiyata program consists of eight work points, (4) Supervision of the adiwiyata program includes the Environment Agency, Puskesmas and the Sanitation Office.From the activities carried out by SMK 4 Bojonegoro, it is expected to be able to realize a school that cares for the environment and is able to become an example for other schools, especially in the Bojonegoro Regency. Keywords: Management, Adiwiyata Program..

Published
2018-10-10
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 107