MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN JURUSAN GEOLOGI PERTAMBANGAN DI SMKN 4 BOJONEGORO

  • FITRI ANDIANI
  • KARWANTO

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sekolah yang dibangun sebagai sarana untuk mencerdaskan masyarakat yang ada dalam ruang lingkup sekitarnya, sehingga sekolah menciptakan jurusan yang menyesuaikan dengan potensi alam yang dimiliki daerah atau kota setempat. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 4 Bojonegoro memiliki keunikan dan keunggulan yang dimiliki oleh sekolah lainnya. Salah satu yang dimiliki adalah jurusan geologi pertambangan yang berbeda dengan sekolah lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajamen pembelajaran mata pelajaran produktif jurusan geologi pertambangan di SMK Negeri 4 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui tiga langkah yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Untuk menguji keabsahan data tersebut menggunakan beberapa teknik yang meliputi: uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji debendabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian manajemen pembelajaran mata pelajaran produktif jurusan geologi pertambangan di SMK Negeri 4 Bojonegoro menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran mata pelajaran produktif dimulai saat awal tahun ajaran baru dengan membuat program tahunan dan program semester, kemudian membuat rangkaian perangkat pembelajaran. (2) pengorganisasian mata pelajaran produktif saat melakukan proses penyusunan atau pembagian tugas dilakukan dengan rapat bersama. (3) pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif dilakukan secara sistematis mulai dari kegiatan pendahuluan atau awal, kegiatan inti dan kegiatan yang terakhir adalah kegiatan penutup. (4) evaluasi pembelajaran mata pelajaran produktif dilakuan dengan memberikan tes dan ulangan mulai dari ulangan harian, mingguan, bulanan, UTS, UAS, dan uji kompetensi yang dilakukan dengan pihak DUDI. Serta melakukan evaluasi lanjutan setelah satu semester.

Kata kunci: manajemen pembelajaran, proses pembelajaran, mata pelajaran produktif

This researcher is motivated by the existence of a school that was built as a means to educate the people in the surrounding environment, so the school creates a department that adapts to the natural potential of the local area or city. Bojonegoro Vocational School 4 has a uniqueness and excellence that is owned by other schools. One that is owned is a department of mining geology that is different from other schools. The purpose of this study was to find out and describe the management of productive subjects in the mining geology department at SMK 4 Bojonegoro. This study used a qualitative approach with case study design. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. Data analysis uses descriptive analysis through three steps, namely data condensation, data presentation and data verification (drawing conclusions). To test the validity of the data using several techniques that include: credibility test, transferability test, reliability test, and confirmability test. The results of the study of the management of productive subjects in the mining geology department at SMK Negeri 4 Bojonegoro showed (1) planning learning of productive subjects begins at the beginning of the new school year by making annual programs and semester programs, then creating a series of learning tools. (2) organizing productive subjects when carrying out the process of compilation or division of tasks carried out with joint meetings. (3) the implementation of productive subject learning is carried out systematically starting from the preliminary or initial activities, the core activities and the last activities are the closing activities. (4) evaluation of learning of productive subjects is carried out by giving tests and tests starting from daily, weekly, monthly, UTS, UAS, and competency tests conducted with the DUDI. As well as doing further evaluation after one semester. Keywords: learning management, learning process, produktive learning.
Published
2018-10-10
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 73