SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA

  • APRILIA EKA SANTI NUR FARIDA
  • MUDJITO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses persiapan dan pelaksanaan supervisi akademik serta upaya pembinaan setelah pelaksanaan supervisi akademik sebagai umpan balik untuk mengkaitkan kompetensi guru di SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dari pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah a. proses persiapan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah telah memperhatikan beberapa aspek, b. proses pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dilakukan secara langsung dan tidak langsung, saat pelaksanaan supervisi kepala sekolah mengamati dari luar maupun dari dalam kelas, hal yang diamati kepala sekolah yaitu tentang RPP dan silabus yang sudah ditulis oleh guru kemudian dicocokkan dengan proses pembalajaran, kepala sekolah memberitahu hasil supervisi langsung jika beliau tidak ada urusan dadakan yang lain. 2) Upaya pembinaan oleh kepala sekolah perlu melakukan supervisi agar dapat memantau kinerja pendidik dalam proses pembelajaran, kemudian tujuan dilakukannya supervisi yaitu untuk meningkatkan mutu kinerja dan keprofesionalan pendidik, pendampingan yang diberikan berupa sharing antar kepala sekolah dengan guru, kemudian mengadakan kelompok kerja guru (KKG), rapat, dan pelatihan, kepala sekolah menggunakan teknik pendampingan seperti kunjungan kelas, rapat, pendekatan yang dilakukan secara personal antar kepala sekolah dengan guru, diberikan pelatihan-pelatihan, kompetensi professional guru di sekolah dapat diketahui dari kemampuan guru dalam penguasaan materi yang diajarkan dan pemahaman terhadap profesi.

Kata Kunci: Supervisi akademik, Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru

Abstract

This study aims to determine the preparation process and the implementation of academic supervision and coaching efforts after the implementation of academic supervision as feedback to link teacher competency in 15 Muhammadiyah Elementary School Surabaya. This study used a qualitative approach with case study design. Data collection techniques in this study use interview, observation and documentation techniques. The data obtained is then analyzed with data condensation techniques, data collection, data presentation, and conclusion drawing / verification. Furthermore, checking the validity of the data is done with credibility, dependability, transferability, and confirmation. The results of this study indicate: 1) From the implementation of academic supervision by the principal a. the academic supervision preparation process carried out by the principal has taken into account several aspects, b. the process of conducting academic supervision conducted by principals is carried out directly and indirectly, when supervising principals observing from outside and in the classroom, what the principal observes is that the RPP and syllabus that have been written by the teacher are then matched with the learning process. the headmaster informs the results of direct supervision if he has no other sudden business. 2) Coaching efforts by the principal need to supervise in order to monitor the performance of educators in the learning process, then the purpose of supervision is to improve the quality of performance and professionalism of educators, assistance provided in the form of sharing between principals and teachers, then holding teacher working groups (KKG ), meetings and training, principals use mentoring techniques such as class visits, meetings, approaches that are carried out personally between principals and teachers, given trainings, teacher professional competence in schools can be known from the teachers ability to master the material taught and understanding of the profession.

Keywords: Academic Supervision, Principal, Teacher Professional Competence
Published
2018-10-23
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 58