Manajemen Kurikulum Integratif (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Pucang Sidoarjo)

  • NIKMATUSHOLIKHATUL ILMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripisikan manajemen kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Muslimat Nahdlatul Ulama Pucang kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang dilakukan meliputi uji kredibilitas meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, membercheck, dan kecukupan bahan referensi; dependabilitas meliputi audit oleh dosen pembimbing; transferabilitas penyajian hasil penelitian dilakukan secara rinci, jelas, sistematis, dan dapat dipercaya; serta uji konfirmabilitas meliputi pengujian hasil penelitian dengan proses secara berulang-ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum integratif di Madrasah Ibtidaiyah Muslimat nahdlatul Ulama Pucang meliputi : 1) Perencanaan kurikulum integratif dilaksanakan oleh 11 orang yang tergabung dalam Tim Inti; 2) Pelaksanaan kurikulum integratif di Madrasah Ibtidaiyah Muslimat NU Pucang Sidoarjo dilaksanakan dengan pengintegrasian kurikulum nasional dengan kurikulum Cambridge dengan menerapkan 90% menggunakan bahasa inggris ; 3) Evaluasi kurikulum dilaksanakan oleh seluruh guru dalam kegiatan KKG yang dilaksanakan setiap akhir pekan sedangkan evaluasi siswa dialaksanakan setiap dua bulan dalam Asesmen Holistik (AH) serta ujian dari Cambridge berupa CPT, CIPPT, dan Check Point.
Published
2018-11-19
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 125