MANAJEMEN PEMASARAN UNTUK MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN PENDIDIKAN DI SD INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM SURABAYA

  • DEWI DWI DAMAYANTI
  • SUPRIYANTO

Abstract

Manajemen pemasaran dilakukan sekolah untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan tujuan dan produk sekolah kepada siswa, orangtua, dan masyarakat luas. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui upaya sekolah dalam melakukan penjaminan mutu jasa pendidikan, dalam membangun relasi dengan pengguna jasa pendidikan, serta dalam memasarkan layanan jasa pendidikan kepada pengguna jasa pendidikan di SD Integral Luqman Al Hakim Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya, pengecekan kebsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Upaya yang dilakukan sekolah dalam penjaminan mutu pendidikan antara lain, pelatihan-pelatihan, adanya perencanaan, evaluasi dan perbaikan program, upgrading bagi pendidik dan tenaga kependidikan serta terobosan program baru untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan serta perkembangan peserta didik dalam mewujudkan visi, misi, dan output profil sekolah. 2) Upaya sekolah dalam membangun relasi dengan pengguna jasa pendidikan meliputi, forum kelas, pertemuan rutin antara pengelola sekolah dengan komite sekolah, grup kelas dan orangtua melalui grup WhatsApp, dan membangun komunikasi dengan siswa menggunakan bahasa yang santun, memberi apresiasi kepada siswa. 3) Upaya sekolah dalam memasarkan layanan jasa pendidikan dilakukan dengan manajemen kolaboratif. Manajemen pemasaran dilakukan dengan dua cara, melalui pemasaran offline dan Hal yang dibagikan dalam media sosial berupa konten-konten pendidikan dan prestasi sekolah.

Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Jasa Pendidikan
Published
2018-11-23
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 194