Penjaminan Mutu Pembelajaran di SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang

  • ADISTYA ARYONAWATI
  • SYUNU TRIHANTOYO

Abstract

Penjaminan mutu merupakan kegiatan untuk memberikan bukti dalam membangun kepercayaan bahwa kualitas dapat berfungsi dengan baik, oleh karena itu pentingnya satuan pendidikan melaksanakan penjaminan mutu guna untuk memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa sekolah dapat mencapai atau bahkan melampaui 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan penjaminan mutu pada pembelajaran, pengendalian mutu dan peningkatan mutu di SMP Negeri 1 Mojoagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi data, penyanjian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan uji kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penjaminan mutu dilaksanakan oleh tim PMP, sekolah itu menjual jasa jadi sekolah ingin memberikan kepuasan kepada pelanggan pendidikan dengan cara menjamin bahwa sekolah dapat mencapai atau bahkan melampaui 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan); 2) Pengendalian mutu dilakukan agar dapat mengukur keberhasilan dari pencapaian yang dilakukan oleh sekolah, yang menjadi tolok ukur bahwa sekolah dapat dikatakan bermutu yaitu dari lulusannya; 3) Peningkatan mutu khususnya pada pembelajaran menggunakan cara yaitu menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi. Bervariasi karena setiap kelas mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, selain itu kondisi dan situasinya juga berbeda.

Kata Kunci : Penjaminan Mutu, Pembelajaran, Pengendalian Mutu, Peningkatan Mutu.

Published
2018-12-10
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 80