PENGARUH PROGRAM READING CLASSROOM TERHADAP MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI BADEAN 1 BONDOWOSO

  • AJENG RIZKI PERMATASARI
  • ERNY ROESMININGSIH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Program Reading Classroom terhadap pemahaman membaca siswa di SD Negeri Badean 1 Bondowoso; (2) Pengaruh Program Reading Classroom terhadap minat baca siswa di SD Negeri Badean 1 Bondowoso. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu 70 siswa kelas 5 SD Negeri Badean 1 Bondowoso, dengan 35 siswa (5a) sebagai kelas kontrol dan 35 siswa (5b) sebagai kelas Eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kelompok eksperimen setelah diberikan treatment program Reading Classroom. Dengan nilai taraf yang signifikan nilai t adalah 14,404 > 2,034 dari nilai t tabel. (2) Output nilai dari sig 0,00 <0,05 nilai sig lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Alternatif diterima sehingga gain score dari kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Maka dari itu peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh program Reading Classroom terhadap peningkatan minat baca siswa di SD Negeri Badean 1 Bondowoso. Dengan demikian Program Reading Classroom dapat dijadikan acuan untuk sekolah meningkatkan minat baca siswa.

Kata Kunci : Eksperimen, Kontrol, Program, Minat, Membaca

Abstract

The purpose of this study was to investigate: (1) The effect of reading classroom program on students reading comprehension in SDN Badean 1 Bondowoso, (2) The effect of reading classroom program on students reading interest. The research employed experimental quantitative research. The population for this research was 70 students of fifth grade in with 35 students for control class, and 35 students for experiment class. The methods for data collection in this research were questionnaire, observation, and documentation.

The result of this research revealed that (1) There was positive significant effect on experimental group after given reading classroom program treatment with significant level t score 14.404 > 2.034 from t-table score. Output score from sig 0.00 < 0.05 sig score was less than 0.05 hence zero hypothesis was rejected and alternative hypothesis was accepted. Alternative was accepted this gain score from experimental group was higher than control group. Therefore, the researcher concluded that the hypothesis in this research was there was effect of reading classroom on SDN Badean 1 Bondowoso. In conclusion, reading classroom program can be used as reference for school increasing students reading interest.

Keywords : Experiment, Control, Program, Interest, Reading

Published
2018-12-26
Section
Articles
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 707