PENERAPAN APLIKASI PREDIKSI SNMPTN (SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI) BERBASIS NILAI DI SMA NEGERI 6 SURABAYA

  • JEFLY ACAY
  • SYUNU TRIHANTOYO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, memahami dan mendeskripsikan Penerapan Aplikasi Prediksi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) berbasis nilai di SMA Negeri 6 Surabaya, yang memiliki sebuah aplikasi yang dapat membantu siswa mencari bakat dan minat agar dapat meningkatkan potensi kemampuan nilai mereka.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah waka humas, waka kulikulum, guru bimbingan konseling, guru kelas dan siswa. Lokasi penelitian di SMA Negeri 6 Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi, sedangkan teknik keabsahan datanya menggunakan triangulansi sumber dan tekhnik, kemudian menggunakan memberchek, kemudian analisis data menggunakan uji creadibility, uji transfermability, uji dependability, dan uji confirmability.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran sekolah melakukan penerapan aplikasi prediksi snmptn berbasis nilai di SMA Negeri 6 Surabaya adalah memberikan penekanan kepada wali siswa/guru kelas agar siswa mampu mengembangkan nilai mereka sesuai grafik nilai dari aplikasi tersebut. (2) Faktor penghambat dan pendukung pada aplikasi prediksi SNMPTN berbasis nilai adalah pemberian motivasi kepada siswa SMA Negeri 6 Surabaya dengan dorongan bapak/ibu guru, sehingga anak-anak bisa memilih jurusan dengan potensi dari nilai mereka dan juga peluang yang muncul dari aplikasi prediksi snmptn. (3) Dampak penerapan aplikasi prediksi SNMPTN berbasis nilai di SMA Negeri 6 Surabaya adalah sangat berpengaruh pada kenaikan nilai yang signifikan dengan meningkatnya potensi siswa.

Kata Kunci : Penerapan, Aplikasi, Prediksi, Nilai

Abstract

This study aims to analyze, understand and describe the application of value-based SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Application Predictions at Surabaya Public High School 6, which has an application that can help students find talents and interests in order to increase their potential value abilities.This research is a qualitative research with a descriptive approach. The informants this research is deputy head of public relations, deputy head of curriculum, counseling teachers, class teachers and students. Research location at Surabaya 6 Public High School. Data collection techniques using interviews, observation and documentation study, while the data validity technique uses triangulsi sources and techniques, then use memberchek, then analyze the data using creadibility test, transfermability test, dependability test, and confirmability test.The results of this study indicate that: (1) The role of the school in implementing the value-based science and technology prediction application at SMA Negeri 6 Surabaya is to give emphasis to the guardians of students / classroom teachers so that students are able to develop their grades according to the value graph of the application. (2) The inhibiting and supporting factors in the value-based SNMPTN prediction application are giving motivation to Surabaya 6 Public High School students with the encouragement of the teacher / teacher, so that children can choose majors with the potential of their grades and opportunities arising from the snmptn prediction application. (3) The impact of the application of the value-based SNMPTN prediction application in Surabaya Public High School 6 is very influential on a significant increase in value with increasing student potential.
Keywords: Implementation, Application, Prediction, Value




Published
2019-01-11
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 63