PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 2 DAN 3 TANJUNGANOM NGANJUK

  • DEWI INDRA YULIANINGSIH
  • MUDJITO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan komitmen guru terhadapkinerja guru di SMP Negeri 2 dan 3 Tanjunganom Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah respondent penelitian ini 81 guru di SMP 2 dan 3 Tanjunganom Nganjuk. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh supervisi akademik kepala sekolah (x1) terhadap kinerja guru (Y) adalah sebesar 0,000˂0,05 T hitung 4,964 >Ttabel 1,98. Pengaruh komitmen guru (x2) terhadap kinerja guru (Y) adalah sebesar 0,045 ˂0,05 dan nilai Thitung 2,041 > Ttabel1,98. Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah x1 dan Komitmen guru x2 terhadap Kinerja Guru (Y) secara simultan adalah sebesar 0,000 ˂ 0,05 dan nilai Fhitungl14,376 > Ftabel 3,08. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adalah pengaruh positif antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru, terdapat pengaruh komitmen guru terhadap kinerja guru dan terdapat pengaruh positif supervisi akademik kepala sekolah dan komitmen guru secara simultan dengan kinerja guru di SMP Negeri 2 dan 3 Tanjunganom Nganjuk.

Kata kunci : supervisi akademik kepala sekolah, komitmen guru dan kinerja guru

Abstract

The study amied to know the effect of principal academic supervition and commitment teacher’s to teacher’s performance in SMP Negeri 2 and 3 Tanjunganom Nganjuk. This research used quantitative research with 81 teacher’s as respondent research in SMP Negeri 2 and 3Tanjunganom Nganjuk. The data analysis was using correlation and multiple regression techniques. The results of this study were the effect of Principal academic supervision () on teacher’s performance (Y) was 0,000˂0,05 and thevalue of T count and T table was 4,964 > 1,98. The effect of teacher’s commitment () on teacher’s performance (Y) was 0,045 ˂0,05 and value of T count and T table was 2,041 > 1,98. The effect of Principal academic supervision () and teacher’s commitment () simultaneously on cher’s performance (Y) was 0,000 ˂ 0,05 and value of F count and F table was 14,376 >3,08. There result showed that there was a positive effect of Principal academic supervision () on teacher’s performance (Y), there was positive effect of teacher’s commitment () on teacher’s performance (Y), and there was an effect of Principal academic supervision and teacher’s commitment on teacher’s performance.

Keyword : Principal academic supervision, teacher’s commitment, teacher’s performance


Published
2019-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 123