Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Kurikulum Cambridge pada 3 Sekolah Dasar di Kabupaten Tulungagung

  • AGUS YULIANIK
  • MOHAMMAD SYAHIDUL HAQ

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelompokan variabel kedalam kelompok faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum Cambridge di 3 sekolah dasar di Kabupaten Tulungagung. Subyek penelitian ini meliputi SDI Qurrota A’yun Ngunut, SDI Bayanul Azhar Sumbergempol, dan SD Zumrotus Salamah Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan kuantitatif survey dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data dengan responden sebanyak 58 siswa kelas VI yang kesemuanya adalah populasi. Data diolah menggunakan teknik analisis uji analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menyatakan variabel guru, sarana prasarana pendidikan, keterlibatan orangtua siswa, iklim&budaya sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah transformasional mempengaruhi keefektifan pelaksanaan kurikulum Cambridge. Kelima variabel tersebut dapat direduksi menjadi dua faktor. Faktor 1 terdiri atas variabel guru, sarana prasaran pendidikan, dan keterlibatan orangtua siswa serta diberi nama faktor dukungan pembelajaran. Faktor 2 terdiri atas variabel iklim&budaya sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah transformasional serta diberi nama faktor lingkungan sosial-psikologis. Pada tabel communalities variabel guru memiliki nilai sebesar 0,802 atau 80,2% artinya sekitar 80,2% varians dari variabel guru bisa dijelaskan oleh faktor yang terbentuk. Variabel sarana prasarana pendidikan nilai communalities sebesar 0,705 atau 70,5%. Variabel keterlibatan orangtua siswa nilai communalities sebesar 0,749 atau 74,9%. Variabel iklim&budaya sekolah nilai communalities sebesar 0,686 atau 68,6%. Variabel Kepemimpinan kepala sekolah transformasional nilai communalities sebesar 0,704 atau 70,4%.

Abstract

The purpose of this research is to know data reduction of some variables into the factors that inflences the implementation Cambridge curriculum in 3 primary schools in Tulungagung. The Subyect of the researches are Qurrota A’yun islamic elementary school in Ngunut regency, Bayanul Azhar islamic elementary school in Sumbergempol regency, and Zumrotus Salamah elementary school in Kedungwaru regency. The research planning uses quantitative research are used to collect data from 58 students class VI who they are the popullation. The data analysis uses confirmatory factor analysis. The results of the study stated that the teacher variables, educational infrastructure, parents involvement, school culture&climate and transformasional principals leadership influenced the Cambridge curriculum. These five variables can be reduced to two factors. Factor 1 consist of the teacher variables, educational infrastructure, parents involvement and had named the learning support factor. Factor 2 consist of school culture&climate variables and transformasional principals leadership and had named social-psychological enviromental factor. In the communaities table the teacher variable has a value of 0,802 or 80,2% variance from the teacher variable can explaind by the factors formed. Educational infrastructure variables has a value of 0,705 or 70,5%. The parents involvement variables has a value of ,749 or 74,9%. The school culture&climate variables has a value of 0,686 or 68,6%. The transformasional principals leadership has a value of 0,704 or 70,4%.







Published
2019-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 3569