IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PESANTREN DI SMA ASSAADAH BUNGAH GRESIK

  • NOVITA AMELIYAH FITHRIYATI
  • SYUNU TRIHANTOYO

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana menerapkan TQM berdasarkan nilai-nilai kearifan pesantren di SMA Assaadah guna meningkatkan kualitas sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan langkah kondensasi data, data penyajian, dan verifikasi data. Dan membahas dengan teknik kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transfermabilitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kontrol kualitas dalam implementasi TQM berbasis nilai-nilai kearifan lokal pesantren di SMA Assaadah Diperberbaharui oleh beberapa kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan pembiasaan hafalan juz amma,Cetak sidik jari dan sms gateway , Pemberian penghunian dan penghargaan , tes dan persyaratan untuk input / calon siswa, Pengontrolan kedisiplinan oleh tim reservasi., LDKS plus dan PBB serta dapat dibaca. (2) Jaminan kualitas dalam implementasi TQM berbasis nilai-nilai kearifan lokal pesantren di SMA Assaadah diterapkan melalui beberapa kegiatan seperti Prinsip ASWAJA, Hafal juz amma, Pondok aswaja, Penerapan budaya baca dan literasi-quran, pengajuan kiriman, Pengaduan LDKS plus dan juga .(3) Dukungan sumber daya manusia dalam implementasi TQM berbasis nilai-nilai kearifan lokal pesantren di SMA Assaadah yang merupakan faktor pendukung mendukung seperti Pembagian tugas masing-masing, perlu SDM dalam acara HAUL dan hari besr lainnya, Program OSIS dan coba OSIS melalui MPK, Kegiatan Bakti Sosial dan sebagainya. (4) Kearifan lokal yang disertakan dalam implementasi TQM berbasis nilai-nilai kearifan lokal pesantren di SMA Assaadah Bungah Gresik juga termasuk faktor pendorong di SMA Assaadah termasuk: Istirahat 2x, Penyedia buku wirid khas SMA Assaadah, Sanad keilmuan Rasulallah, Kelas takhfidz, HAUL akbar, komunikasi 4 bahasa, Kelas disucikan Kurikulum campuran dan sebagainya.

Kata kunci : Manajemen Kualitas Total, Nilai-nila, Pesantren, Kearifan lokal, pondok pesantren.

Published
2019-02-20
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 108