IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS HIDDEN CURRICULUM DI MI MUHAMMADIYAH 1 PARE KEDIRI

  • PUTRI YOLANDA

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis 1) bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi (hidden curriculum); 2) pelaksanaan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum); dan 3) peran kurikulum tersembunyi (hidden curriculum). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian melalui tiga tahap yaitu: 1) kondensasi; 2) penyajian data; dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data penelitian melalui uji kredibilitas (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), membercheck, uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam pendidikan karakter peserta didik, meliputi penerapkan atau menanamkan kebiasaan 5s, hizbul wathon (pramuka), tapak suci, kegiatan keputrian, praktek tema, dan kegiatan ceramah. 2) pelaksanakaan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam pendidikan karakter peserta didik, yaitu di dalam kelas dan di luar kelas; 3) Peran kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam pendidikan karakter peserta didik, yaitu untuk membentuk karakter peserta didik lebih islami dan religus sebagai penerus bangsa terutama dari perguruan muhammadiyah serta terbentuk ilmu duniawi dan ilmu akhirat, untuk membekali peserta didik dalam pengembangan fondasi karakter untuk masa yang akan datang. Jadi, hidden curriculum di MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri berperan penting dalam membentuk dan mengembangkan pendidikan karakter peserta didik.

Published
2019-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 949