Manajemen Program SMK Mini dalam Layanan Pendidikan Berbasis Kemasyarakatan di SMK Islam Tarbiyatul Badriyah dan SMK Antartika 1 Sidoarjo

  • EVI UMAYA ULFA
  • MUDJITO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis; perencanaan program SMK Mini; pelaksanaan program SMK Mini; dan evaluasi program SMK Mini. Jenis penelitian ini adalah berupa penelitian kualitatif, dengan metode studi multi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Pada tahap perencanaan program SMK Mini di kedua sekolah adalah sama-sama ingin menjadikan lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan tambahan dalam menghadapi tantangan global. Rancangan visi, misi dan tujuan dari program SMK Mini tersebut sama-sama didasarkan pada visi, misi dan tujuan dari sekolah secara kelembagaan. Perbedaan yang signifikan dalam proses perencanaan pelatihan SMK Mini, untuk yang di kasus 1 peserta didik mendapat pelatihan SMK Mini yang berbeda dengan jurusan yang ada di sekolah, sedangkan di kasus 2 peserta didik mendapat pelatihan yang sesuai dengan jurusan yang ada di sekolah (2) Pelaksanaan program SMK Mini di kasus 1 diikuti oleh peserta didik kelas X sampai dengan kelas XII, santri, serta alumni/putus sekolah. Sedangkan Program SMK Mini di kasus 2 diikuti oleh peserta didik kelas XII dan masyarakat sekitar, (3) Proses pelaksanaan evaluasi yang dimiliki oleh kasus 1 dan kasus 2 memiliki perbedaan. Dari segi waktu pelaksanaan, sekolah pada kasus 1 memiliki sistem evaluasi mingguan dan bulanan. Sedangkan sekolah kasus 2 hanya memiliki sistem evaluasi bulanan. Persamaan ke 2 sekolah yakni sistem pertanggungjawaban para guru diberikan kepada ketua SMK Mini. sedangkan kepala sekolah bertanggung jawab kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Sementara itu, kedua sekolah kasus 1 dan kasus 2 sama-sama menerapkan adanya reward terhadap peserta didik dalam bentuk sebuah sertifikat.

Kata Kunci : Program SMK Mini, pendidikan berbasis masyarakat




Published
2019-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 139