IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM PENGASUHAN DI SMA SHAFTA SURABAYA
Abstract
Abstract:Character education implementation is the important means for nowadays.Various of program ideas and integritation have been done by lot of education institute in almost one decade, and the one of institute is Shafta Senior High School that have been implementing the character education through parenting programs with the purpose for build the character based on akhlakul karimah or excellent character appropriated with the motto of school. The purpose of this research is (1) to describe and represent about the form of parenting program activities in build excellent character in Shafta Senior Highschool Surabaya, (2) To knowing how the implementations of education character through parenting program in Shafta Senior High School Surabaya. This study used descriptive qualitative approach and case study design. The data collection technique is by interview, observation, and documentation. Analysis of the data in this study using condensation, data display, and data verification. The results of the study show that (1)Parenting program purpose to build excellent character through the class activity where teacher gave character learning from keshaftaan book to the student and monitoring student pray activity logbook, (2) The implementations of character educations through parenting programs is with habituation activities there are is fardhu pray including the sequnce, dhuha pray including the sequnce, and keputrian including the sequnce.
Keywords: Parenting program, implementation of character education
Abstrak:Implementasi pendidikan karakter merupakan upaya penting yang dibutuhkan saat ini. Berbagai ide program dan juga integritas telah dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan dalam hampir satu dekade ini, salah satunya adalah SMA Shafta Surabaya yang berupaya mengimplementasikan pendidikan karakter melalui program pengasuha yang bertujuan untuk membangun karakter yang berakhlakul karimah sesuai dengan motto sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dan menggambarkan bentuk kegiatan program pengasuhan dalam membentuk akhlak karimah siswa di SMA Shafta Surabaya, dan (2) Mengetahui upaya pelaksanaan pendidikan karakter melalui program pengasuhan di SMA Shafta Surabaya Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program pengasuhan bertujuan untuk membentuk akhlak karimah siswa melalui bentuk kegiatan program pengasuhan yang berupa tatap muka di kelas antara guru dan siswa di kelas minimal sekali dalam seminggu yang dimana dalam kegiatan itu diantaranya terdapat ceramah materi dari buku keshaftaan yang disampaikan oleh guru kepada siswa dan pemantauan buku monitoring ibadah siswa; (2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui program pengasuhan dilakasanakan melalui kegiatan pembiasaan diantaranya sholat fardhu, sholat dhuha, dan keputrian.
Kata kunci: Program pengasuhan, pelaksanaan pendidikan karakter.Downloads

