Manajemen Program Penilaian Hasil Belajar Berbasis E-Rapor di SMA Negeri 3 Sidoarjo

  • MIFTACHUL JANNAH
  • MUDJITO

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai Manajemen program penilaian hasil belajar berbasis e-rapor di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan kegiatan program e-rapor adalah sebagai berikut program e-rapor merupakan sebuah inovasi dukungan pelayanan dari Direktorat Pembinaan SMA dalam menyambut penerapan dari Kurikulum 2013 (K13). Masalah yang ada dalam pelaksanaan program e-rapor di SMA Negeri 3 Sidoarjo adalah adanya beberapa guru yang kurang paham mengenai teknologi informasi, lambatnya koneksi server e-rapor, hingga pemahaman dari wali murid yang sama sekali kurang terhadap e-rapor. (2) Pelaksanaan kegiatan dalam program e-rapor terutama dalam penginputan nilai dilakukan oleh semua guru dan tim TIK sebagai admin e-rapor ketika bapak dan ibu guru mengalami kesulitan dalam entri data nilai, dan dilaksanakan sesuai dengan panduan dari Direktorat Pembinaan SMA untuk menjaga akuntabilitas penilaian dan mempermudah tugas guru atau sekolah dalam menyiapkan LHB (Laporan Hasil Belajar), (3) Evaluasi program e-rapor dilakukan oleh Kepala Sekolah dan tim TIK dengan mendayagunakan wali kelas untuk evaluator nilai yang sudah dimasukkan ke dalam e-rapor. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SMA Negeri 3 Sidoarjo diharapkan mampu mewujudkan sekolah yang berwawasan teknologi dan mampu menjadi contoh sekolah lain khusunya wilayah kabupaten Sidoarjo.

Kata kunci: Manajemen, Penilaian, Program e-rapor


Published
2019-05-28
Section
Articles
Abstract Views: 170
PDF Downloads: 450