HUBUNGAN ANTARA PROMOSI DAN CITRA SEKOLAH DENGAN KEPUTUSAN SISWA MEMILIH MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN GRESIK

  • FENY KHUDROTUM MAHNUNAH
  • ERNY ROESMININGSIH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan promosi dengan keputusan siswa memilih Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Gresik, hubungan citra sekolah dengan keputusan siswa memilih Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Gresik serta hubungan promosi dan citra sekolah dengan keputusan siswa memilih Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 697 siswa dan jumlah sampel penelitian sebanyak 254 responden. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment dan uji korelasi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) promosi berhubungan signifikan dan bersifat positif dengan keputusan memilih sebesar 0,366; (2) citra sekolah berhubungan signifikan dan bersifat positif dengan keputusan memilih sebesar 0,517; (3) promosi dan citra sekolah secara bersama-sama berhubungan signifikan dan bersifat positif dengan nilai r sebesar 0,522. Diperoleh nilai R Square sebesar 0,273, berarti promosi dan citra sekolah berhubungan dengan keputusan siswa memilih Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Gresik sebesar 27,30% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel yang diteliti. Simpulan dari penelitian ini adalah promosi dan citra sekolah memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan siswa memilih MAN di Kabupaten Gresik.
Published
2019-05-28
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 399