IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMPN 1 SIDAYU

  • NEVI INDRI LESTARI
  • MOHAMMAD SYAHIDUL HAQ

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Mewujudkan Lingkungan Hidup di SMPN 1 Sidayu yang memiliki empat aspek dalam pelaksanaan program adiwiyata mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sekolah telah memiliki kebijakan dalam pelaksanaan program adiwiyata mandiri meliputi kebijakan dalam meningkatkan kegiatan sosialisasi lingkungan hidup, penghematan sumber daya, dan dalam mendukung terciptanya lingkungan sekolah bersih dan sehat. (2) kurikulum berbasis lingkungan yang dimana pelajaran lingkungan hidup di integrasikan kedalam seluruh mata pelajaran yang ada di SMPN 1 Sidayu dan juga menambahkan 1 jam mata pelajaran tertentu yaitu pelajaran agama, bahasa indonesia dan ipa. Penambahan jam dipandang perlu untuk visi, misi dan tujuan sekolah serta untuk memenuhi pencapaian standar kelulusan ujian nasional yang akan datang. (3) kegiatan berbasis partisipatif yang dimiliki sekolah ada beberapa program yang terdapat di hari jum’at, dengan melibatkan seluruh warga sekolah program jumat tersebut meliputi senam sehat dan kerja bakti lingkungan sekolah. Terdapat juga hubungan kemitraan sekolah dengan pihak luar sekolah. (4) sarana pendukung sekolah dalam pelaksanaan program adiwiyata yang dimiliki SMPN 1 Sidayu dibedakan menjadi dua yaitu sarpras menangani masalah lingkungan hidup serta sarpras untuk pembelajaran. Sarpras yang digunakan untuk menangani lingkungan hidup berupa berbagai macam hutan yaitu hutan produksi, hutan taman peneduh, hutan lindung sekolah yang gunanya untuk melindungi. Sedangkan sarpras untuk pembelajaran yaitu berupa green house, taman sekolah sebagai sumber belajar dan kebun TOGA sekolah

Published
2019-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 113