MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS ELEKTRONIK TAMAN BACA MASYARAKAT (E-TBM) DI SMP IT AT TAQWA SURABAYA

Authors

  • SITI ZAHROTUR ROHMANIYAH
  • SUPRIYANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses manajemen layanan perpustakaan dan program layanan sistem E-TBM di SMP IT At Taqwa Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menjelaskan pelaksanaan manajemen layanan perpustakaan berbasis E-TBM. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Pustakawan Dinas Pemerintah Kota Surabaya, Waka Kurikulum, Guru, Duta Literasi, dan Peserta didik di SMP IT At Taqwa Surabaya. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, proses manajemen layanan perpustakaan dimulai dengan koordinasi antara kepala sekolah, waka, koordinator perpustakaan, dan koor jenjang dalam menentukan sistem pelayanan perpustakaan sekolah, peraturan terkait penyelenggaraan perpustakaan adalah standar ISO 9001 dan Aturan Kurikulum 2013, pelaksanaan layanan perpustakaan seperti kegiatan layanan sirkulasi, pengelolaan bahan pustaka, dan peran kepala sekolah untuk memantau kondisi perpustakaan dan perkembangan siswa serta melakukan rapat koordinasi dengan pihak perpustakaan dalam menanamkan budaya literasi. Program layanan sistem E-TBM meliputi kegiatan kelas literasi secara terjadwal, pemilihan duta literasi satu tahun sekali, kegiatan baca ditempat, kegiatan story telling, apresiasi peminjam buku terbanyak dan kegiatan lainnya. Selain itu, sistem E-TBM juga melakukan kegiatan layanan sirkulasi dan sebagai tempat pembelajaran guru dan siswa apabila materi yang dibutuhkan ada di perpustakaan.

Kata Kunci :Manajemen Perpustakaan, Layanan Perpustakaan Elektronik, Perpustakaan Berbasis Elektronik, Taman Baca Masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-13

Issue

Section

Articles
Abstract views: 84 , PDF Downloads: 157