PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMP NEGERI SE KECAMATAN PAPAR KEDIRI

  • LAILATUL ASFIYAH
  • ERNY ROESMININGSIH

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri Se Kecamatan Papar Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat tiga variabel yaitu kompetensi Profesional Guru (X1), motivasi belajar (X2) dan Hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Se Kecamatan Papar Kediri sebanyak 560 siswa dengan sampel sebanyak 234 siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan bentuk kausal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda karena penelitian ini menggunakan dua atau lebih variabel independen, analisis Uji T untuk menjawab hipotesis satu dan dua serta Uji F untuk menjawab hipotesis ketiga. Data dianalisis menggunakan program SPSS 21.0. Berdasarkan hasil analisis data pada uji T variabel kompetensi profesional guru secara parsial berpengaruh terhadap variabel hasil belajar sebesar 0,002, serta variabel motivasi belajar secara parsial berpengaruh terhadap variabel kompetensi profesional guru sebesar 0,002. pada uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 9,921. Nilai signifikan variabel kompetensi Profesional guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar yang diperoleh adalah sebesar 0,000. Nilai signifikan ini lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kompetensi profesional guru dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri Se Kecamatan Papar Kediri. Adapun besarnya pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar yaitu sebesar 7,9 %.

Kata Kunci : kompetensi profesional guru, motivasi belajar, hasil belajar



Published
2019-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 196