IMPLEMENTASI MODEL KURIKULUM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (KMI) DI MA PESANTREN PUTRI AL-MAWADDAH 1 PONOROGO
Abstract
Kurikulum memegang peranan penting dalam lembaga pendidikan untuk di jadikan peran dalam mengatur strategis dalam sistem pembelajaran dan pendidikan. Mengingat bahwa pendidikan merupakan kunci kesuksesan para remaja untuk memajukan bangsa. Mengingat semakin ketatnya persaingan ketat mengenai lingkungan hidup dan sumber daya manusia di tingkat nasional maupun international. Implementasi kurikulum KMI merupaka salah satu perwujudan dari program Pesantren Putri Al-Mawaddah untuk mencetak siswa menjadi tangguh di era global. Memberikan dampak kepada siswa untuk lebih giat dalam memahami seluruh mata pelajaran dengan menggunkana bahasa yang berbeda supaya siap menghadapi dunia luar yang telah berkembvnag.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: 1) Implementasi Model Kurikulum KMi di Pesantren Putri Al-Mawaddah 1 Ponorogo; 2) Dampak implementasi kurikulum KMI di PP Al-MAwaddah 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Teknik analis menggunakan teknik uji kredibilitas dengan merujuk pada teknik triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu), membercheck, dependibilitas.
Hasil penelitian di MA Pesantren Putri Al-Mawaddah 1 Ponorogo diperoleh bahwa perencanaan Kurikulum KMI di rencanakan di awal tahun atau awal semester baru lalu disesuaikan dengan visi dan misi pesantren lalu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dikarenakan pesantren mengutamakan materi ajar yang akan di sampaikan bertujuan supaya adanya integrasi pembelajaran dengan kegiatan pesantren. Sosialiasi kurikulum di lakukan ketika awal semester baru melalui Up-Grading Guru yang disosialisasikan kepada guru. Guru sebagai pelaksana kurikulum yang akan menyampaikan materi kepada siswa sesuai dengan RPP dan silabus serta I’dad yang telah dibuat. Evaluasi diadakan 2 minggu sekali dan terdapat ujian tulis dan lisan untuk menentukan hasil dari kurikulum yang telah berjalan. Evaluasi akhir yang dilaksanakan untuk menentukan nilai siswa dan menentukan hasil apakah kurikulum berjalan dengan rencana awal. Hal tersebut memberikan dampak Dari pembelajaran siswa dapat memahami agama dan bahasa arab dan inggris serta membantu daam keseharian dan kegiatan non akademik dan bagi alumni hal yang telah di pelajari mengenai kurikulum sangat membantu siswa setelah lulus dari pesantren dikarenakan berdampak positif dan meningkatkan kepercayaan diri terutama alumni. Dari hasil penelitian tersebut bahwa model kurikulum yang diterapkan dalam kurikulum KMI yaitu terdapat 2 : 1) Model Subyek Akademis ; 2) Model Rekonstruksi Sosial.
Kata Kunci : Implementasi Kurikulum, Model Kurikulum, Kurikulum KMI
PDF Downloads: 92