IMPLEMENTASI MODEL KURIKULUM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (KMI) DI MA PESANTREN PUTRI AL-MAWADDAH 1 PONOROGO

  • HUDATUL NADIAH
  • MOHAMMAD SYAHIDUL HAQ

Abstract

Kurikulum memegang peranan penting dalam lembaga pendidikan untuk di jadikan peran dalam mengatur strategis dalam sistem pembelajaran dan pendidikan. Mengingat bahwa pendidikan merupakan kunci kesuksesan para remaja untuk memajukan bangsa. Mengingat semakin ketatnya persaingan ketat mengenai lingkungan hidup dan sumber daya manusia di tingkat nasional maupun international. Implementasi kurikulum KMI merupaka salah satu perwujudan dari program Pesantren Putri Al-Mawaddah untuk mencetak siswa menjadi tangguh di era global. Memberikan dampak kepada siswa untuk lebih giat dalam memahami seluruh mata pelajaran dengan menggunkana bahasa yang berbeda supaya siap menghadapi dunia luar yang telah berkembvnag.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: 1) Implementasi Model Kurikulum KMi di Pesantren Putri Al-Mawaddah 1 Ponorogo; 2) Dampak implementasi kurikulum KMI di PP Al-MAwaddah 1 Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Teknik analis menggunakan teknik uji kredibilitas dengan merujuk pada teknik triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu), membercheck, dependibilitas.

Hasil penelitian di MA Pesantren Putri Al-Mawaddah 1 Ponorogo diperoleh bahwa perencanaan Kurikulum KMI di rencanakan di awal tahun atau awal semester baru lalu disesuaikan dengan visi dan misi pesantren lalu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dikarenakan pesantren mengutamakan materi ajar yang akan di sampaikan bertujuan supaya adanya integrasi pembelajaran dengan kegiatan pesantren. Sosialiasi kurikulum di lakukan ketika awal semester baru melalui Up-Grading Guru yang disosialisasikan kepada guru. Guru sebagai pelaksana kurikulum yang akan menyampaikan materi kepada siswa sesuai dengan RPP dan silabus serta I’dad yang telah dibuat. Evaluasi diadakan 2 minggu sekali dan terdapat ujian tulis dan lisan untuk menentukan hasil dari kurikulum yang telah berjalan. Evaluasi akhir yang dilaksanakan untuk menentukan nilai siswa dan menentukan hasil apakah kurikulum berjalan dengan rencana awal. Hal tersebut memberikan dampak Dari pembelajaran siswa dapat memahami agama dan bahasa arab dan inggris serta membantu daam keseharian dan kegiatan non akademik dan bagi alumni hal yang telah di pelajari mengenai kurikulum sangat membantu siswa setelah lulus dari pesantren dikarenakan berdampak positif dan meningkatkan kepercayaan diri terutama alumni. Dari hasil penelitian tersebut bahwa model kurikulum yang diterapkan dalam kurikulum KMI yaitu terdapat 2 : 1) Model Subyek Akademis ; 2) Model Rekonstruksi Sosial.

Kata Kunci : Implementasi Kurikulum, Model Kurikulum, Kurikulum KMI


The curriculum plays an important role in educational institutions to be made a role in regulating strategic learning and education systems. Given that education is the key to the success of teenagers to advance the nation. Given the increasingly stringent competition regarding the environment and human resources at national and international levels. The implementation of the KMI curriculum is one of the manifestations boarding school of Al-Mawaddah for girls program to print students to be strong in the global era. Making an impact on students to be more active in understanding all subjects by using different languages ​​so that they are ready to face the outside world that has been developing. This study aims to find out and explain: 1) Implementation of the KMI Curriculum Model in boarding school of Al-Mawaddah 1 for girls; 2) Impact of the implementation of the KMI curriculum in boarding school of Al-MAwaddah 1 Ponorogo. This study uses a qualitative approach and case studies. Retrieving data using interview techniques, observation and documentation analysis. Analyst techniques use credibility test techniques by referring to triangulation techniques (source triangulation, method triangulation and time triangulation), member check, dependability. The results of the study at the high school of Al-Mawaddah 1 Islamic Boarding School found that the KMI curriculum planning was planned at the beginning of the year or the beginning of the new semester and adjusted to the pesantrens vision and mission and adjusted to the needs of students because the pesnat prioritized teaching material aimed at integration learning with boarding activities. Curriculum socialization was conducted when the beginning of the new semester through Teacher Up-Grading which was socialized to the teacher. Teachers as curriculum implementers who will deliver material to students in accordance with the RPP and syllabus and I’dad that have been made. Evaluations are held every 2 weeks and there are written and oral examinations to determine the results of the curriculum that has been running. Final evaluation is carried out to determine student grades and determine the results of whether the curriculum runs with the original plan. This has an impact. From learning students can understand Arabic and English religion and language and help with daily activities and non-academic activities and for alumni who have learned about the curriculum is very helpful for students after graduating from pesantren because it positively impacts and increases self-confidence, especially alumni. From the results of the study, the curriculum model applied in the KMI curriculum is 2: 1) Academic Subject Model; 2) Social Reconstruction Model. Keywords: Implementation of the curriculum, curriculum model, KMI curriculum



Published
2019-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 92