STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN DI TK ALAM AL GHIFARI BLITAR

  • WARIDA YULIANI
  • SUPRIYANTO

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi, faktor penghambat, dan solusi dalam pembinaan karakter cinta lingkungan di TK Alam Al Ghifari Blitar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, Guru Pengajar dan Orang Tua Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dari model Miles, Huberman dan Saldana. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, member check, uji transferabilitas, uji dependabilitas dengan melakukan audit terhadap keseluruhan proses penelitian, dan uji konfirmabilitas untuk menguji hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan : 1) Strategi pembinaan karakter cinta lingkungan di TK Alam Al Ghifari Blitar dilakukan melalui keteladanan pembinaan yang langsung praktek pada kegiatan. Sedangkan pada KBM materi pembinaan karakter lebih ditekankan pada kegiatan yang aplikatif di lingkungan. Kegiatan pembinaan karakter cinta lingkungan dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas. 2) Kendala yang dihadapi berasal dari faktor internal dan eksternal. Dari faktor internal yang muncul adalah sikap pendidik yang belum istiqomah dan sikap peserta didik yang sulit diatur. Sedangkan dari faktor eksternal berasal dari kondisi alam serta ketidak selarasan antara kondisi sekolah dan rumah. 3) Solusi yang dilakukan antara lain melakukan pembinaan rutin, kepala sekolah melakukan evaluasi terhadap guru, membentuk penanggung jawab pada setiap kegiatan, melakukan penyesuaian dengan alam, sosialisasi kepada orang tua melalui paguyuban serta pembiasaan penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik.

Kata Kunci : pendidikan karakter, strategi pembinaan karakter, karakter cinta lingkungan




Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 107