IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU JENJANG SMP DI KABUPATEN GRESIK

  • ELSA NIDA PANGARIBUAN
  • NUNUK HARIYATI

Abstract

Abstrak: Untuk mengatasi permasalahan kualitas pendidikan maka pemerintah mengeluarkan kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan sistem zonasi dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru jenjang SMP di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yakni Kasi Kurikulum SMP, Staf Kurikulum SMP, Kabid Pendidikan Dasar, Waka Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Implementasi kebijakan sistem zonasi pada PPDB jenjang SMP di Kabupaten Gresik telah dilaksanakan selama dua tahun yang bertujuan untuk pemerataan kualitas pendidikan pada sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Gresik, sejauh ini sudah implementasi kebijakan sistem zonasi di Kabupaten Gresik telah berjalan dengan efektif karena telah nampak potensi-potensi peserta didik mulai merata di wilayah Kabupaten Gresik. (2) Kendala yang dihadapi dalam implementasi sistem zonasi yaitu kekurangpahaman wali murid terhadap sosialisasi mengenai sistem zonasi karena latar belakang pendidikan wali murid yang berbeda-beda. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu melakukan sosialisasi sistem zonasi lebih awal dengan sejelas-jelasnya.

Kata kunci: kebijakan pendidikan, sistem zonasi, implementasi sistem zonasi

Abstract: To overcome the problem of education quality, the government issued a zoning system policy on New Student Admissions. This study aims to described the implementation of zoning system policies and constraints faced in implemented the new student admission zoning system policy at the junior high school level in Gresik District. This study used a qualitative approach with a case study method. The subjects of this study were the Middle School Curriculum Head, Middle School Curriculum Staff, Head of Elementary Education, Deputy Head of Student Affairs, Deputy Principal The technique of collecting data used observation, interviews, and documentation. The results of the study are as follows: (1) The implementation of the zoning system in the PPDB at the junior high school level in Gresik District has been carried out for two years aimed at equitable distribution of quality education in schools in the Gresik Regency, so far the implementation of the zoning system in Gresik has been effective because the potential of students begins to be evenly distributed in the Gresik Regency. (2) The constraints faced in the implementation of the zoning system are the lack of understanding of the zoning of the socialization of the zoning system because of the different backgrounds of parental education. Efforts are made to overcome these obstacles, namely to disseminate the zoning system early as clearly as possible.

Key words: education policy, zoning system, implementation of education policy


Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 741
PDF Downloads: 2594