IMPLEMENTASI PROGRAM HOME VISIT DALAM OPTIMALISASI HASIL BELAJAR DI MINU TRATE PUTRI GRESIK

  • RIZMA BIGHUM HALIDA ZIAH

Abstract

Abstract: This research is to describing and identifying service guidance and counseling on home visit program. This research use qualitative method. Subject of research selected by purposive sampling, is head master, BK teacher, homeroom teacher, student’s parents and students. The data was takes by observe, interview and documentation. Result of this research is special approach from home visit program and optimizing learning by solves the problem in MINU Trate Putri Gresik. The result is 1) Home Visit is prepared by BK teacher and implemented by all educators, 2) The purpose of home visit program is search problem and giving information about students and make commitment relation between school and family to optimizing learning program, 3) There is 2 evaluation, result evaluation and process evaluation, 4) The continuity from home visit program is student guidance and student accompaniment.

Key words: BK service, Home Visit, Student, Learning Result

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi layanan bimbingan dan konseling dalam penyelenggaraan program home visit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive yaitu kepala sekolah, guru BK, wali kelas, orang tua, dan siswa. Pengambilan data di lapangan dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pendekatan khusus melalui home visit yang dilakukan oleh MINU Trate Putri Gresik dalam mengoptimalkan hasil belajar dan mengatasi permasalahan peserta didik. Hasilnya menunjukan bahwa: 1) home visit dipersiapkan oleh guru BK dibantu oleh tenaga pendidik dalam pelaksanaannya, 2) pelaksanaan home visit untuk mencari dan menyampaikan informasi mengenai peserta didik, serta membangun komitmen keluarga dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik, 3) evaluasi terdiri dari dua macam yaitu evaluasi hasil dan evaluasi proses. 4) bentuk tindak lanjut dari home visit dengan bimbingan belajar dan pendampingan individual bagi peserta didik.

Kata kunci: Layanan BK, home visit, peserta didik, hasil belajar


Published
2019-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 122