PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI (DUDI) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA

  • FARAH HATIJAH
  • MUHAMAD SHOLEH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis : (1) Manajemen hubungan masyarakat dalam membangun kemitraan sekolah dan Dunia Usaha/Dunia Industri SMK Muhammadiyah 1 Surabaya dan (2) Usaha-usaha yang dilakukan dalam upaya peningkatan hubungan masyarakat di SMK Muhammadiyah 1 Surabaya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik serta membercheck, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) perencanaan humas dalam menjalankan kegiatan program yang dilakukan perlunya bantuan dari pihak internal maupun eksternal, 2) pelaksanaan yang dilakukan humas sekolah menjalin kerjasama dengan DUDI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, yaitu a) menumbuhkan kemampuan keahlian dengan mengikuti berbagai event lomba yang diadakan oleh pemerintah kota Surabaya ataupun Provinsi, b) sekolah mengupayakan siswanya dapat bekerja sesuai kompetensi keahlian yang dilakukan BKK sekolah dengan mengikuti tes dari perusahaan, c) sekolah SMK Muhammadiyah 1 Surabaya mendapatkan penghargaan Inspiring School dalam meningkatkan mutu sekolah, d) bekerjasama dengan Perusahaan Samsung yang dimodifikasi untuk bahan ajar yang akan diterapkan di jurusan TKJ (Teknik Kompeter Jaringan), 3) evaluasi yang dilakukan humas dalam membangun hubungan memperbaiki dan menjalin komunikasi lebih akran dan bisa memperluas link-link kerjasama yang disesuaikan kompetensi keahlian di sekolah, 4) usaha-usaha yang dilakukan menambah jalinan kerjasama, sesering untuk bisa komunikasi pihak DUDI supaya memperat jalinan kerjasama, dan membagikan informasi-informasi sekolah ke pihak luar dengan media cetak atau media online.

Kata Kunci : Humas, Kemitraan Sekolah, Dunia Usaha/Dunia Industri

This study aims to describe and analyze: (1) Management of community relations in building school partnerships and the Business World / Industrial World of Muhammadiyah 1 Surabaya Vocational School and (2) Efforts made in efforts to improve community relations at Muhammadiyah 1 Surabaya Vocational School.

This study uses a qualitative method. Data collection techniques are used using (1) interviews, (2) observation, and (3) documentation. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation studies. Checking the validity of the data includes credibility test with source triangulation technique, triangulation technique and member check, transferability test, dependability test and confirmability test.

The results of this study indicate: 1) public relations planning in carrying out program activities carried out by the need for assistance from internal and external parties, 2) the implementation of school public relations collaborated with DUDI to improve the quality of learning, namely a) growing skills by participating in various competition events held by the Surabaya or Provincial city governments, b) the school seeks that students can work according to the expertise competencies carried out by the schools BKK by taking a test from the company; Samsung modified for teaching materials that will be applied in the TKJ (Network Compound Engineering) department, 3) public relations evaluations in building relationships improve and establish communication more efficiently and can expand collaboration links that are tailored to competency skills in the school ah, 4) the efforts made add cooperation, as often as possible to communicate DUDI to strengthen cooperation, and share school information to outside parties with print media or online media

Keywords: Public Relations, School Partnerships, Business World/ Industrial World

Published
2019-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 160
PDF Downloads: 178