PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS KANJENG SEPUH SIDAYU GRESIK

  • ALUFAH AULIYA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat tiga variabel yaitu kemandirian belajar (X1), lingkungan teman sebaya (X2), dan prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik sebanyak 180 peserta didik dengan sampel sebanyak 124 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda karena penelitian ini menggunakan dua atau lebih variabel independen, analisis Uji T untuk menjawab hipotesis pertama dan kedua serta Uji F untuk menjawab hipotesis ketiga. Data dianalisis menggunakan program SPSS 21.0.

Berdasarkan hasil analisis data pada Uji T variabel kemandirian belajar secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar sebesar 4,141 dengan nilai signifikansi 0,000 serta variabel lingkungan teman sebaya secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar sebesar 4,557 dengan signifikansi 0,000. Pada Uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 34,198. Nilai signifikansi variabel kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar diperoleh sebesar 0,000. Nilai signifikansi ini lebih kecil daripada nilai alpha yaitu 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. adapun besarnya pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 36,1%.

Kata Kunci: kemandirian belajar, lingkungan teman sebaya, prestasi belajar.


This research aims to determine the effect of learning independence and peer environment on student learning achievement at MTs Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. This research uses a quantitative approach, there are three variables, namely learning independence (X1), peer environment (X2), and learning achievement (Y). The population in this research were eighth grade students of MTs Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik as many as 180 students with a sample of 124 respondents. The sampling technique in this research was using simple random sampling technique. Data collection techniques in the form of questionnaires using a Likert scale and documentation. Test requirements for research data analysis using normality test and linearity test. Data analysis technique uses multiple regression analysis because this study uses two or more independent variables, analysis of the T Test to answer the first and second hypotheses and the F Test to answer the third hypothesis. Data were analyzed using the SPSS 21.0 program.

Based on the results of data analysis on the T-Test the learning independence variable partially influences the learning achievement variable at 4.141 with a significance value of 0.000 and peer environment variables partially influence the learning achievement variables of 4.557 with a significance value of 0,000. The F test shows a calculated F value of 34,198. Significance value variable learning independence and peer environment towards learning achievement is obtained at 0,000. This significance value is smaller than the alpha value of 0.05, so H0 is rejected and H1 is accepted, the meaning learning independence and peer environment simultaneously influences student learning achievement at MTs Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. The magnitude of the influence of independent learning and peer environment on learning achievement is equal to 36.1%.

Keywords: learning independence, peer environment, learning achievement.

Published
2019-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 444