PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ENGLISH FEDERATION OF SMANISDA (EFOS) DI SMA NEGERI 1 SIDOARJO

  • EVI OKTAVIANI
  • KARWANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis keunggulan ekstrakurikuler, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, pembinaan kegiatan ekstrakurikuler, faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler, dan usaha-usaha dalam meningkatkan eksistensi ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yakni Pembina Ekstrakurikuler, Waka Kesiswaan, Kepala Sekolah, Pelatih, dan Presiden Ekstrakurikuler EFOS di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara secara mendalam, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas (triangulasi sumber dan teknik, member check), transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keunggulan ekstrakurikuler EFOS yaitu melatih peserta didik dalam mengelola suatu kegiatan; 2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler cukup baik, jadwal kegiatan diatur sepenuhnya oleh peserta didik, inovasi yang ada di EFOS yaitu acara inbound, diklat dan kunjungan ke Singapore National Academy, ekstrakurikuler EFOS memiliki keterkaitan dengan pembelajaran di kelas khususnya pada bidang bahasa Inggris. 3) Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler EFOS cukup baik dengan dibuktikan bahwa dalam pembinaan meningkatkan 3 aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor; 4) Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu dominan pada faktor internal atau dari dalam diri siswa; 5) Usaha yang dilakukan sekolah yaitu (a) memberikan sarana prasarana, (b) memperhatikan kualitas dari pelatih, (c) memfasilitasi berupa dispensasi, pendanaan dan mobil sekolah, dan (d) memberikan penghargaan.
Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 215