AKTUALISASI RESOURCE CENTRE DALAM PELAYANAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN GRESIK

  • NABILA DWI WARDAH
  • SRI SETYOWATI

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktualisasi Resource Centre dalam pelayanan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian yaitu 1) Bentuk pelayanan pendidikan yang diberikan Resource Centre terdapat pelayanan secara intern dan secara ekstern, pelayanan intern diberikan kepada peserta didik dan guru & kepala sekolah, sedangkan pelayanan ekstern diberikan kepada masyarakat. Tujuan pelayanan tersebut supaya peserta didik memperoleh pendidikan dan dapat berkembang secara optimal sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimilikinya. 2) Pelaksanaan pelayanan di Resource Centre teraktualisasi dengan baik karena dengan adanya pelayanan tersebut, sekolah penyelenggara pendidikan inklusif merasa terbantu dalam menangani peserta didik berkebutuhan khusus di kelas karena jumlah antara anak berkebutuhan khusus dan Guru Pendamping Khusus yang tidak seimbang. 3) Evaluasi yang dilakukan Resource Centre yaitu melaporkan hasil perkembangan peserta didik setelah mendapatkan pelayanan.

Kata Kunci: aktualisasi, resource centre, pelayanan pendidikan, pendidikan inklusif

Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 286