Strategi Pendidikan Karakter "Langit Biru" Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMP Negeri 3 Tuban

  • DHITA CANDRA ARISTA DEWI
  • KARWANTO

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan, mengetahui dan menganalisis : (1) visi, misi, dan nilai-nilai sekolah; (2) bentuk implementasi; (3) faktor penghambat dan pendukung implementasi; dan (4) strategi implementasi pendidikan karakter “Langit Biru” dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 3 Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penulisan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, dan membercheck, uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) visi sekolah yaitu unggul, religius, dan peduli lingkungan. Dalam mewujudkan penerapan ini sekolah mengadakan sosialisasi tentang religius culture secara menyeluruh ketika siswa dalam masa PLS hingga menyesuaikan dengan lingkungan sekolah; (2) program kerja penerapan pendidikan karakter “Langit Biru” yaitu dimulai dari pukul 06.30 yang masuk pada pembelajaran sampai dengan pukul 13.30; (3) pengaruh faktor penghambat penerapan pendidikan karakter “Langit Biru” ini yaitu dari guru-guru yang masih tidak kompak dalam mengontrol siswa, listrik masih labil, serta sarana musholla yang masih belum maksimal; (4) faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari guru-guru, Kepala Sekolah, stakeholders, partisipasi orang tua, alumni, dan dunia usaha/dunia industri (du/di); (5) perumusan pendidikan karakter “Langit Biru” ini melewati beberapa langkah melalui masalah yang ada kemudian dirapatkan oleh pihak yang bersangkutan dan menghasilkan kebijakan yang mengacu pada Kurikulum UU Pendidikan Karakter dan Permendikbud tentang Penguatan Karakter; (6) sistem yang diterapkan untuk memantau dan mengevaluasi pendidikan karakter ini yaitu melalui buku laporan religius culture, buku ketertiban dan buku rapor sedangkan evaluasi dilakukan melalui rapat tim SMP Negeri 3 Tuban.

Kata Kunci : strategi, pendidikan karakter, kedisiplinan

Published
2019-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 123