PEMBINAAN ESTETIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SENI KARAWITAN DI SMA NEGERI 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

  • PUPUT ANIKESARI
  • MUDJITO

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Program pembinaan estetika siswa melalui aktivitas kurikuler dan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung; (2) Implementasi pembinaan estetika melalui pembelajaran seni karawitan di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung; (3) Nilai yang didapatkan peserta didik dalam pembelajaran keterampilan di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru seni karawitan, dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan peneliti sebagai human instrument. Analisis data menggunakan kondensasi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, program pembinaan estetika siswa melalui aktivitas kurikuler dan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kauman melalui berbagai program, yaitu pembelajaran seni karawitan dan kegiatan ekstrakurikuler. Program pembinaan estetika peserta didik melalui ekstrakurikuler membatik dan reog kendang. SMA Negeri 1 Kauman sebagai lembaga pendidikan formal mengharapkan dapat membentuk moralitas yang baik dan juga menumbuhkan sikap estetika kepada peserta didiknya. Implementasi pembelajaran karawitan di SMA Negeri 1 Kauman yang selama ini sudah diajarkan yaitu pembelajaran tentang musik gamelan.Pendidikan seni memiliki peranan dalam pembentukan pribadi siswa yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan dan perkembangan peserta didik untuk mencapai kecerdasan, kreativitas, emosional, intelektual, dan spiritual.





Published
2019-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 135