HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 KRIAN

  • Nita Rossalina
  • MOHAMMAD SYAHIDUL HAQ

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana variabel hubungan motivasi belajar dan prestasi siswa di SD Muhammadiyah 1 Krian. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Metode pengumpulan data menggunakan kuissioner yang disebar pada responden serta dokumentasi. Jumlah sampel (responden) dalam penelitian ini yakni 30 siswa dipilih dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Analisis data menggunakan metode statistik ganda. Data diolah menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis.

Hasil pengolahan data tersebut menunjukkan tingkat hubungan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan melihat Thitung yakni sebesar 442. Untuk motivasi dengan melihat Thitung lebih besar dari Ttabel yakni sebesar 0,176 dan prestasi siswa secara silmutan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil prestasi siswa dengan nilai yang berpengaruh sebesar 80,65 dan terbukti fhitung lebih besar dari (>) ftabel 0,176 sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar sswa dan semakin tinggi prestasi siswa di SD Muhammadiyah 1 Krian.




Published
2019-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 15