MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • SUSI IRIANI MARWERI
  • MURTADLO

Abstract

Abstract: The main topic of this research is to explain a clear picture from integrated quality management in the implementation of school quality assurance at SMK Negeri 10 Surabaya. Furthermore, specifically the focus of this research is, (1) the total involvement of stakeholders in integrated quality management (TQM) in the implementation of school quality assurance at SMK Negeri 10 Surabaya, (2) the form of commitment in integrated quality management in the application of school quality assurance at SMK Negeri 10 Surabaya, (3) continuous improvement efforts in integrated quality management in the implementation of school quality assurance in SMK Negeri 10 Surabaya and (4) keep customer satisfaction in integrated quality management in the application of school quality assurance at SMK Negeri 10 Surabaya. This research method uses a qualitative approach. Basically a descriptive qualitative approach is used to present descriptive data on integrated quality management in SMK Negeri 10 Surabaya systematically, factually and accurately about the conditions that occur at the location that the researcher will study. The results of this research is total involvement of stakeholders in the implementation of school quality assurance already exists in the SOP and school quality guidelines themselves. The form of commitment shown and given is that all work units or stakeholders in implementing school quality assurance must be guided by the rules set by the school and all stakeholders in terms of improving school quality assurance. Efforts made in implementing improvements to school quality assurance, namely, carried out by conducting an evaluation (internal audit) of the quality improvement work program of SMK Negeri 10 Surabaya itself. Customer satisfaction from stakeholders on quality at SMK Negeri 10 Surabaya is quite good. Opinions about infrastructure such as laboratories and other supporting facilities have been good because of continuous improvements and development in this regard. The implementation of collaboration with external schools is very good because it is able to harmonize the different curricula between internal schools and DUDI (external) parties so that students can relate directly to the world of work.

Keywords : total quality management, continuous improvement and customer satisfaction.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai manajemen mutu terpadu pada pelaksanaan penjaminan mutu sekolah di SMK Negeri 10 Surabaya. Selanjutnya secara khusus tujuan penelitian ini yaitu, (1) keterlibatan total stakeholder dalam manajemen mutu terpadu (TQM) pada pelaksanaan penjaminan mutu sekolah di SMK Negeri 10 Surabaya, (2) bentuk komitmen dalam manajemen mutu terpadu pada pelaksanaan penjaminan mutu sekolah di SMK Negeri 10 Surabaya, (3) upaya perbaikan yang berkelanjutan dalam manajemen mutu terpadu pada pelaksanaan penjaminan mutu sekolah di SMK Negeri 10 Surabaya dan (4) kepuasan pelanggan dalam manajemen mutu terpadu pada pelaksanaan penjaminan mutu sekolah di SMK Negeri 10 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pada dasarnya pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk menyajikan data deskriptif mengenai manajemen mutu terpadu di SMK Negeri 10 Surabaya secara sistematis, faktual dan akurat tentang kondisi yang terjadi di lokasi yang akan dikaji peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlibatan total stakeholder dalam pelaksanaan penjaminan mutu sekolah sudah ada dalam SOP dan pedoman mutu sekolah itu sendiri. Bentuk komitmen yang ditunjukan dan diberikan adalah semua satuan kerja atau stakeholder dalam melaksanakan penjaminan mutu sekolah harus berpedoman pada aturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah dan semua stakeholder dalam hal peningkatan penjaminan mutu sekolah. Upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan perbaikan penjaminan mutu sekolah yaitu, dilaksanakan dengan cara melakukan evaluasi (audit internal) dari program kerja peningkatan mutu SMK Negeri 10 Surabaya sendiri. Kepuasan pelanggan dari stakeholder terhadap mutu di SMK Negeri 10 Surabaya sudah cukup baik. Pendapat tentang sarana prasarana seperti laboratorium dan sarana penunjang yang lain sudah baik karena terus dilakukan peningkatan dan pembangunan dalam hal tersebut. Pelaksanaan kerjasama dengan pihak eksternal sekolah sangat baik karena mampu menyelaraskan kurikulum yang berbeda antara pihak internal sekolah dan pihak DUDI (eksternal) sekolah sehingga siswa bisa berhubungan langsung dengan dunia kerja.

Kata Kunci : total quality management, perbaikan berkelanjutan dan kepuasan pelanggan.
Published
2019-06-29
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 33