IMPLEMENTASI PENDEKATAN KURIKULUM VISTA DI SDIT AT-TAQWA TAQWA SURABAYA

  • NURUL ALFIYAH
  • KARWANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1)Deskripsi pendekatan kurikulum Vista di SDIT At-Taqwa Surabaya; 2) Implementasi pendekatan kurikulum Vista di SDIT At-Taqwa Surabaya; dan 3) Tolok ukur keberhasilan pendekatan kurikulum Vista di SDIT At-Taqwa Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus (case study). Pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif melalui tiga tahap yaitu: 1) kondensasi; 2) penyajian data; dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data penelitian melalui uji kredibilitas (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), member check, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan kurikulum Vista merupakan sebuah pendekatan yang menjembatani dari adanya perpaduan kurikulum yang diterapkan sekolah dan menjadikan Spiritual Paradigma sebagai core (inti) dari setiap materi yang diberikan kepada peserta didik dalam segala bidang pembelajaran; 2) Implementasi pendekatan kurikulum Vista di SDIT At-Taqwa Surabaya diantaranya mencakup kesiapan dan motivasi guru dalam pengajaran versi Vista, bentuk metode pembelajaran, nilai dan pembiasaan dari penerapan pendekatan Vista, ketersediaan sarana dan prasarana, bentuk interaksi dalam mendukung penerapan pendekatan Vista; 3) Bentuk Tolok ukur keberhasilan pendekatan kurikulum Vista di SDIT At-Taqwa Surabaya yakni Pengontrolan pembelajaran melalui buku raport internal dan rapor dari Dinas Pendidikan, respon orangtua peserta didik terhadap daya minat sekolah di SDIT AT-Taqwa dan tindak lanjut dari evaluasi pelaksanaan pendekatan kurikulum Vista.

kata kunci: implementasi, pendekatan kurikulum vista
Published
2019-06-29
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 132