PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA SE-KECAMATAN LAKARSANTRI SURABAYA

  • DWI INDIRA SARI
  • SYUNU TRIHANTOYO

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA SE-KECAMATAN LAKARSANTRI SURABAYA

Nama : Dwi Indira Sari

NIM : 12010714235

Jurusan : Manajemen Pendidikan

Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Syunu Trihantoyo, M.Pd

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Se-Kecamatan Lakarsantri Surabaya. (2) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta Se-Kecamatan Lakarsantri Surabaya. (3) pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta Se-Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 130 siswa. Analisis data penelitian menggunakan regresi ganda dan uji T. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuisioner dengan menggunakan skala likert, serta studi dokumentasi raport nilai mata pelajaran matematika. Uji persyaratan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis data uji T pada variabel motivasi belajar memperoleh nilai signifikan 0,000<0,05, maka artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Sedangkan hasil data untuk variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah memperoleh nilai signifikan 0,222>0,05, maka artinya tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil analisis tabel persamaan regresi ganda, diketahui nilai Fhitung sebesar 8,716 dan nilai signifikan yang diperoleh adalah sebesar 0,000. Nilai signifikan lebih kecil dari pada nilai alpha 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya motivasi belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Kata kunci : motivasi belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah dan prestasi belajar siswa

ABSTRACT

THE IMPACT OF LEARNING MOTIVATION AND UTILIZATION OF SCHOOL LIBRARY TO STUDENT LEARNING ACHIVEMENT PRIVATE VOCATIONAL HIGH SCHOOL AROUND SUBDISTRICT OF LAKARSANTRI SURABAYA

Name : Dwi Indira Sari

Number of registration : 12010714235

Departement : Management of Education

Faculty : Faculty of Education

Institution : State University of Surabaya

Advisor : Syunu Trihantoyo, M.Pd

The purpose of this research was to find out: (1) learning motivation towards the learning achievement of vocational students in Lakarsantri Subdistrict Surabaya. (2) the development of library utilization on the learning achievement of private vocational school students in Lakarsantri Sub-district Surabaya. (3) learning motivation and utilization of the school library together on the learning achievements of the students of Private Vocational Schools in Lakarsantri District, Surabaya. This research uses a quantitative approach. The sample of this study amounted to 130 students. Analysis of research data using multiple regression and T test. Technique of collecting in the form of questionnaires or questionnaires using a Likert scale, as well as study documentation of grades report cards mathematics. Test requirements for data analysis in this study using the normality test, linearity test.Based on the results of the analysis of the T test on the learning motivation variable obtained a significant value of 0,000 <0,05, it means that there is a significant influence on learning achievement. While the results for the school library utilization variable obtained a significant value of 0.222> 0.05, so that there was no effect on learning achievement. The results of table analysis of multiple regression equations, it is known that the calculated Fvalue is 8.716 and the significant value obtained is 0,000. Significant value is smaller than alpha value 0.05 so H0 is rejected and H1 is accepted. This means that learning motivation and the use of school libraries simultaneously influence student learning achievement.

Keywords: learning motivation, utilization of school library and student learning achievement


Published
2019-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 95