IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE PADA SISTEM PEMBELAJARAN DI MI MUSLIMAT NU PUCANG SIDOARJO

  • DWI ROJABIYATI LAILI
  • SOEDJARWO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi kurikulum Cambridge pada sistem pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menjelaskan bahwa 1) Implementasi kurikulum Cambridge pada sistem pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo menggunakan sistem adopsi adaptif. 2) Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum Cambridge adalah peningkatan SDM dan kualifikasi tenaga pendidik, dukungan dari pihak eksternal seperti pihak Cambridge, pemerintah, kementerian agama maupun wali murid. 3) Faktor penghambat dalam implementasi kurikulum Cambridge adalah wali murid yang memiliki keinginan yang berbeda. Beberapa tenaga pendidik memiliki kemampuan bahasa inggris yang kurang. Dan peserta didik mengalami kesulitan pada mata pelajaran bahasa inggris. 4) Upaya dalam mengatasi hambatan dengan menggunakan pendekatan-pendekatan intensif kepada pihak yang terkait. Untuk mengatasi pemahaman bahasa inggris pada tenaga pendidik adalah dengan cara mengikuti pelatihan khusus untuk berbahasa inggris. Bagi peserta didik dengan merubah first language ke second language.

Published
2019-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 239
PDF Downloads: 814