PENGARUH ORIENTASI PRODUK DALAM TEACHING FACTORY DAN MINAT WIRAUSAHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • YESI DWI YANTI
  • MUHAMAD SHOLEH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha terhadap prestasi belajar siswa Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif bentuk kausal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Surabaya. Sampel yang digunakan yaitu 71 siswa dari seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket dengan menggunakan skala likert. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: pada uji T variabel orientasi produk dalam teaching factory secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar siswa sebesar 0,001, serta variabel minat wirausaha secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar sebesar 5,506. Pada hasil Uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 38,154. Nilai signifikan variabel orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha terhadap prestasi belajar siswa diperoleh sebesar 0,000. Nilai signifikan ini lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Adapun besarnya pengaruh orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha memiliki pengaruh sebesar 38,1% terhadap prestasi belajar.

Kata Kunci: orientasi produk teaching factory, minat wirausaha, prestasi belajar




Published
2019-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 174