IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SURABAYA

  • WINDY RAMADHANI RISKA WAHYUNI
  • MURTADLO

Abstract

This study aims to describe and analyze the process of implementing the Internal Quality Assurance System (SPMI) at SMK Negeri 1 Surabaya whether it is in accordance with the principles contained in the guidelines or not. This study uses a qualitative approach with a case study method. The subjects of this study were Curriculum Curriculum, Head of the ISO Team, Secretary of the ISO team, and Subject Teachers at SMK Negeri 1 Surabaya. The technique of collecting data uses observation, interviews, and documentation. Checking the validity of the data includes a credibility test with source and technique triangulation, member check, transferability test, dependability test, and confirmability test.The results of the study are as follows, implementation (1) The school implements an internal quality assurance system independently by involving all stakeholders, and is assisted by the existence of a school quality assurance team. (2) In implementing the schools internal quality assurance system using accurate data and information, the data and information used is actually based on facts in the field. (3) SMK Negeri 1 Surabaya implements a system of internal quality assurance in a systematic and sustainable manner, carried out according to the existing agenda, through a story that forms a cycle and is carried out continuously. (4) The implementation of the internal quality assurance system at SMK Negeri 1 Surabaya is carried out on all elements of the school. (5) The process of implementing the internal quality assurance system is well documented in various quality documents in order to facilitate the school in tracking the steps that have been taken.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMK Negeri 1 Surabaya apakah sesuai dengan prinsip yang ada pada pedoman atau tidak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yakni Waka Kurikulum, Kepala Tim ISO, Sekretaris tim ISO, dan Guru Mata Pelajaran di SMK Negeri 1 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, member check, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas.Hasil penelitian adalah sebagai berikut,pelaksanaan (1) Sekolah mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal secara mandiri dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, dan dibantu dengan adanya tim penjaminan mutu sekolah. (2) Dalam mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal sekolah menggunakan data dan informasi yang akurat, data dan informasi yang digunakan adalah yang sebenarnya berdasarkan fakta di lapangan. (3) SMK Negeri 1 Surabaya mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal secara sistematik dan berkelanjutan, dilaksanakan sesuai agenda yang ada, melalui suatu tahapan yang membentuk siklus dan dilaksanakan secara berkelanjutan. (4) Penerapan sistem penjaminan mutu internal di SMK Negeri 1 Surabaya dilakukan terhadap keseluruhan unsur sekolah. (5) Proses pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal terdokumentasi dengan baik dalam berbagai dokumen mutu agar mempermudah sekolah dalam menelusuri langkah kegiatan yang telah dilakukan.

Published
2019-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 891