UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • RIFKY HAJAR MUSTINAH ARIYANTO

Abstract

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMK Negeri 1 Surabaya, serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi guru di SMK Negeri 1 Surabaya dalam meningkatkan kompetensi profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMK Negeri 1 Surabaya yaitu kepala sekolah mengirim guru untuk mengikuti workshop, pelatihan, program keahlian ganda, dan praktik kerja industri. Selain itu sekolah juga mengadakan musyawarah guru mata pelajaran sewaktu-waktu; (2) faktor yang mendukung guru dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya yaitu dari keinginan guru sendiri untuk menambah ilmu dan keterampilan, mendapatkan sertifikat, keperluan kenaikan pangkat. Selain itu, peran kepala sekolah sebagai motivator juga berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi profesional guru; (3) faktor penghambat atau kendala yang mempengaruhi guru SMK Negeri 1 Surabaya dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya antara lain yaitu jauh dari keluarga, meninggalkan siswa untuk beberapa waktu, harus mencari guru pengganti, serta kendala fisik karena faktor umur.

Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Guru.


TEACHER PROFESSIONAL COMPETENCY IMPROVEMENT EFFORTS IN STATE 1ST VOCATIONAL SCHOOL, SURABAYA

This study aims to describe the schools efforts to improve the professional competence of teachers at SMK Negeri 1 Surabaya, as well as supporting and inhibiting factors that affect teachers at SMK Negeri 1 Surabaya in improving professional competence. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. The technique of collecting data uses interviews, observation, and documentation studies. Data is analyzed using data condensation, data presentation, and data verification. Checking the validity of the data is done with credibility, transferability, dependability, and confirmation. The results of this study are: (1) the efforts made by the school in increasing the professional competence of teachers at SMK Negeri 1 Surabaya, namely the principal sends teachers to attend workshops, training, multiple expertise programs, and industrial work practices. Besides that the school also held subject teacher discussions at any time; (2) factors that support teachers in improving their professional competencies, namely from the teachers own desire to increase knowledge and skills, obtain certificates, promotion needs. In addition, the role of the principal as a motivator also influences the improvement of teacher professional competence; (3) inhibiting factors or constraints that affect the teachers of SMK Negeri 1 Surabaya in improving their professional competencies, among others, being away from family, leaving students for some time, having to find a substitute teacher, and physical constraints due to age factors.

Keywords: Professional Competence, Teacher.

Published
2019-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 108