IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 1 MEJAYAN, MADIUN

  • YUDO FEBRIANTORO
  • SYUNU TRIHANTOYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui program adiwiayata di SMA Negeri 1 Mejayan. Terdapat tiga fokus penelitian yaitu nilai-nilai karakter, faktor pendukung dan penghambat, dan strategi sekolah dalam pelaksanaan program adiwiyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data didapat dari studi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai disiplin, puduli lingkungan, gotong-royong, kreatif, dan rasa cinta tanah air. Faktor pendukung ialah adanya kerjasama yang baik di internal sekolah, tekad yang kuat, kesadaran peserta didik akan kebermanfaaatan setiap program sekolah. Faktor penghambat antara lain yaitu sebagian guru tidak terbiasa dengan adannya pengintegrasian PLH di setiap mata pelajaran, belum adanya respon positif dari dukungan luar pada awalnya, hambatan psikologis karena tidak hanya berlangsung satu atau dua tahun tetapi berkelanjutan, masa transisi kepemimpinan kepala sekolah sehingga tim sekolah harus meyakinkan kepala sekolah yang baru bahwa program adiwiyata memang bermanfaat pada pengembangan pendidikan karakter sekolah. Strategi sekolah yaitu adanya IHT (In House Training), sosialisasi kepada wali murid, tata tertib di setiap kelas, kerjasama atau gotong royong, adanya kalender sekolah, dukungan dari lembaga atau instansi lain untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana.

Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter, program adiwiyata.

Published
2019-12-23
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 460