PENGEMBANGAN MODEL VIRTUAL PEER SUPERVISION BERBASIS WEBSITE

  • HANDINI PUSPANINGATI
  • NUNUK HARIYATI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; (1) mengetahui dan mendeskripsikan tentang model virtual peer supervision bagi guru dalam meninggkatkan professional guru untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas; (2) mengembangkan desain model virtual peer supervision bagi guru di sekolah yang tepat; (3) menghasilkan model virtual peer supervision bagi pengawas sekolah yang praktis. Supervisi pendidikan adalah bantuan profesional kesejawatan yang dilakukan melalui dialog kajian masalah pendidikan untuk menemukan solusi dalam meningkatkan kemampuan profesional kepala sekolah, guru dan staf sekolah lainnya guna memaksimalkan kinerja sekolah menuju tercapainya mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall dari proses pengembangan tersebut diperoleh hasil validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 98,8%, hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 89,2%. Hasil uji coba terbatas mendapatkan persentase sebesar 85%. Hasil uji coba utama mendapatkan persentase sebesar 86,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media virtual peer supervision berbasis website layak digunakan.
Published
2019-12-27
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 259