IMPLEMENTASI PROGRAM MULTIPLE INTELLIGENCES DI SD PLUS MUTIARA ILMU PANDAAN PASURUAN

  • MOCHAMAD NABIEL MAKARIM
  • MUHAMAD SHOLEH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan dan menganalisis tentang program sekolah dalam upaya meningkatkan minat, bakat, dan potensi kecerdasan multiple intelligences peserta didik di SD plus mutiara ilmu pandaan. Program sekolah dilakukan melalui multiple intelligences reseach yang yang dilakukan saat pendaftaran peserta didik baru yang dilakukan setiap 10 peserta didik baru yang dilakukan oleh 10 staff sekolah terpilih dengan menggunakan alat instrument MIR dari next edu, yang hasilnya akan dikeluarkan oleh pihak next edu, yang merupakan test untuk mengetahui 8 kecerdasan peserta didik dan ditopang dengan 13 ekstrakulikuler yang dapat mengembangkan potensi, minat, dan bakat perserta didik salah satunya ekstrakulikuler tarbiyah yang dimana peserta didik akan memilih ekstrakulikuler sesuai dengan kemauan yang di pilih berdasarkan angket dengan instrument bergambar dan ilustrasi dari para mentor dan dilaksanakan setiap hari kamis dan jumat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini yaitu multiple intelligences research (MIR) yang diintregasikan dalam 13 program ektrakulikuler yang mempunyai faktor penting dalam mencari kecerdasan siswa dan mengembangkan potensi, minat, dan bakat peserta didik.

Published
2020-02-10
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 122