KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA SEKOLAH DI SD YIMI FULL DAY SCHOOL GRESIK

  • NIA ISLAMIAH
  • NUNUK HARIYATI

Abstract

Kepemimpinan Transformasional merupakan model kepemimpinan yang dijalankan dengan memberi nilai positif lebih sehingga mampu membangkitkan motivasi dalam diri pengikutnya dan menghasilkan kinerja yang melebihi harapan. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Peran Kepala Sekolah melalui dimensi kepemimpinan transformasional dalam membangun budaya sekolah di SD YIMI Full Day School Gresik, (2) Kontribusi budaya sekolah dalam pembangunan karakter siswa di SD YIMI Full Day School Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan, analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji dependabilitas, uji transferbilitas, dan uji konfirmabilitas.Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) kepemimpinan transformasional dijalankan Kepala Sekolah dengan menerapkan 4 dimensi yaitu dimensi pengaruh ideal, dimensi motivasi menginspirasi, dimensi rangsangan intelektual dan dimensi pertimbangan yang diadaptasi. Pada dimensi pengaruh ideal, kepala sekolah menggambarkan sosok yang kharismatik dengan ditunjukkan melalui perilaku yang menjalankan beberapa program dalam rangka membangun budaya sekolah. Pada dimensi motivasi menginspirasi, kepala sekolah memberikan motivasi secara rutin kepada guru-guru melalui kegiatan pengarahan. Pada dimensi rangsangan intelektual, kepala sekolah membudayakan cara berpikir yang kreatif inovatif kepada guru dan siswa yaitu melalui sistem studi kasus-problem solving dan program Environment Learning. Pada dimensi pertimbangan yang diadaptasi kepala sekolah mengikutsertakan guru-guru pada kegiatan pelatihan. (2) Program-program yang dijalankan kepala sekolah difungsikan untuk membangun budaya. Karakter yang diwujudkan melalui program-program tersebut antara lain sikap Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, disiplin, mandiri, berintegritas, kesopanan, kerjasama, gemar membaca, peduli dan tanggungjawab, berwawasan luas, saling menghargai dan berbudaya. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah, dan Budaya Sekolah
Published
2020-05-05
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 62