Pengaruh Pola Pembelajaran-Training dalam Teaching Factory Alfamart Class dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran pada Dua SMK di kabupaten Gresik

  • ELY RISNAWATI
  • MUHAMAD SHOLEH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class dan motivasi belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel prestasi belajar siswa pada dua SMK di kabupaten Gresik yakni SMK YPI Darussalam 2 Cerme dan SMK NU Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bentuk kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII jurusan bisnis daring dan pemasaran. Sampel yang digunakan sejumlah 54 orang responden, dimana SMK YPI Darussalam 2 Cerme sejumlah 21 orang dan SMK NU Gresik sejumlah 33 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, studi kepustakaan dan wawancara studi pendahuluan. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan rumus alpha cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada uji T variabel pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar siswa sebesar 4,638 dan variabel motivasi belajar berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar siswa sebesar 5,563. Pada hasil uji F menunjukkan nilai F.hitung> F.tabel sebesar 64,036 >3,18 dan nilai signifikansi < nilai alpha sebesar 0,000<0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa., dimana nilai pengaruhnya sebesar 64,03%.

Published
2020-05-05
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 83